Mudik Naik Kapal Laut, Ada Tiket Gratis untuk 4.750 Orang

Kompas.com - 21/05/2018, 12:45 WIB
Teminal Penumpang Bandar Deli, Belawan dilengkapi dua unit garbarata untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari kapal menuju dermaga. KOMPAS.com / Mei LeandhaTeminal Penumpang Bandar Deli, Belawan dilengkapi dua unit garbarata untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari kapal menuju dermaga.

MEDAN, KOMPAS.com - Menyiasati kemacetan dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik Idul Fitri 2018, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) mengajak masyarakat menggunakan transportasi bus dan kapal laut.

Lewat mudik gratis, tersedia 4.750 tiket untuk 11 rute yang akan dilayani dengan moda darat dan laut.

Baca juga: Aturan di Terminal Pelindo Diperketat

"Tak usah pakai sepeda motor, mudik naik kapal laut saja. Ada tiket gratis untuk 4.750 orang," kata Corporate Secretary Pelindo 1, M Eriansyah, Senin (21/5/2018).

Masyarakat yang mau mengikuti program ini, lanjut Eriansyah, dapat mendaftar ke kantor cabang Pelindo 1 di kota keberangkatan.

Cukup dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga, KTP atau identitas diri lain yang masih berlaku sesuai dengan identitas peserta yang akan berangkat. Pendaftarannya dibuka mulai 14 Mei sampai 3 Juni 2018.

Dia bilang, kegiatan mudik gratis merupakan wujud BUMN hadir untuk negeri dalam memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan lancar.

Pada 2018, Pelindo 1 telah menyiapkan 45 bus pariwisata dan 12 kapal laut, meningkat dibanding 2017 yang hanya memberikan kouta untuk 2.150 orang.

12 kapal laut yang disiapkan akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Tanjung Samak dengan jadwal keberangkatan 11 Juni.

Sedangkan rute Pelabuhan Kijang menuju Pulau Tujuh (Anambas, Tarempa, Midai, Natuna) keberangkatan 11 Juni, dan rute Batam menuju Belawan sebanyak dua kali pelayaran dengan jadwal keberangkatan 9 dan 11 Juni.

Sementara rute bus, keberangkatan pada 11 Juni rutenya Perawang-Padang, Perawang–Medan, Pekanbaru–Medan, Pekanbaru–Padang, Kandis–Medan, Dumai-Medan.

Untuk keberangkatan pada 10 Juni terdiri dari rute Medan–Aceh, Medan–Tapanuli Selatan, dan Medan–Tapanuli Tengah. Masing-masing rute menggunakan dilayani lima bus, kecuali rute Dumai–Medan tersedia 10 bus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X