Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Pastikan Jalur Mudik Jakarta-Semarang Siap Dilintasi

Kompas.com - 16/05/2018, 15:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa kondisi jalur mudik Non Tol Trans Jawa sepanjang Jakarta-Semarang sudah bagus dan siap dilewati.

“Jakarta-Semarang (non tol) sudah oke, bahkan Jakarta-Pasuruan (tol) juga sudah bisa dilewati,” ujar Basuki, Rabu (16/5/2018) siang di kantor Kementerian PUPR.

Baca juga: Refly Harun Harap Jembatan Kali Kuto Bisa Digunakan Saat Mudik

Dia menuturkan, pemerintah melalui Kementerian yang dipimpinnya terus melakukan persiapan infrastruktur jalan menjelang arus mudik tahun ini.

Maka dari itu, Basuki akan mengecek kembali persiapan infrastruktur jalan di jalur pantai utara (pantura) pada tanggal 20 Mei.

“Saya akan cek lagi tanggal 20 Mei nanti ke pantura untuk jalan tol dan non-tol. Kalau jalan nasional non-tol sudah bagus. Kalau jalan tol masih sama, makanya saya mau cek kondisi terakhir,” ucap Basuki.

Mengenai beberapa ruas tol, dia mengatakan bahwa Jembatan Kali Kuto yang menghubungkan tol Semarang-Batang sudah bagus dan akan diselesaikan sesuai jadwal. Rencananya tanggal 29 Mei nanti akan dicor.

Sementara untuk Jembatan Kali Kenteng yang menghubungkan tol Salatiga-Kartasura, tutur Basuki, belum bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini. Nantinya kendaraan akan melewati jembatan di bawahnya.

Sebab, masyarakat setempat minta dibuatkan jalan, imbuhnya, sehingga pihaknya sekalian membuat jalur tersebut berupa jalan rigid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com