Atasi Macet Jakarta, Pemerintah Bakal Bangun "Loop Line"

Kompas.com - 13/05/2018, 13:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat diwawancarai di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (7/5/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat diwawancarai di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (7/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya mengurangi kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta. Salah satunya dengan mengembangkan jalur kereta layang atau loop line.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat ini pemerintah terus mendorong badan usaha agar menjadi pemrakarsa dalam proyek ini.

Baca juga: Macet, Jakarta Masih Berorientasi pada Kendaraan Pribadi

" Loop line kita dorong, diusahakan. Kita sedang bicara dengan Jaya DKI, untuk sebagai pemrakarsa. (Dalam waktu dekat) mereka ajukan proposal," kata Budi di Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Ia mengatakan, tujuan utama dikembangkannya jalur kereta layang tersebut adalah mengatasi permasalahan lintasan sebidang yang ada. Hal ini sekaligus meminimalisasi kemacetan sekaligus kecelakaan yang terjadi.

"Loop line itu pada dasarnya mengimprove jalan lingkar Jakarta menjadi elevated supaya tidak ada lintasan sebidang. Oleh karena itu, kita akan kerja sama dengan DKI," tutur Budi.

Ia menambahkan, konsep kereta layang hampir mirip dengan light rail transit (LRT). Ia pun berharap agar proyek ini dapat segera terealisasi.

"Kalau di lihat dari situasinya, baru bisa mulai tahun depan. Pengerjaannya dua sampai tiga tahun," tuntas Budi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X