Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Pastikan Mudik Bisa Lewat Tol Merak hingga Pasuruan

Kompas.com - 12/05/2018, 19:41 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PASURUAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali turun mengecek pengerjaan proyek infrastruktur di daerah.

Kali ini proyek yang ditinjau yaitu ruas Tol Gempol-Pasuruan yang sedang dalam tahap penyelesaian.

"Saya ingin memastikan penggunaan jalan tol untuk mudik. Jadi dari Merak sampai Pasuruan bisa dipakai untuk mudik," ujar Presiden Jokowi di lokasi proyek Tol Gempol-Pasuruan Seksi II dan Seksi III, Sabtu (12/5/2018) sore.

Baca juga: Komisi V DPR Tuding Pencitraan, Basuki Bilang No Comment

Menurut Jokowi, meskipun demikian, ada jalan tol yang masih fungsional, seperti di lokasi yang dia kunjungi.

"Kami harapkan pada Lebaran yang akan datang kelancaran lalu lintas akan lebih baik. Nanti sampai di Probolinggo sudah selesai akhIr tahun, dimulai lagi bulan Juni pembebasan lahan dari Probolinggo sampai Banyuwangi dan konstruksi berjalan," papar Jokowi.

Dia mengharapkan pada akhir tahun 2019 jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi sudah tersambung, dan bisa digunakan.

Jokowi juga menuturkan bahwa nantinya masyarakat bisa memilih jalan arteri dan jalan tol sehingga arus mudik diharapkan lebih lancar.

"Biasanya kan hanya satu, nah ini ada dua. Jadi harusnya lebih lancar," ucapnya.

Jalan Tol Gempol Pasuruan Tol Gempol-Pasuruan sendiri dirancang sepanjang 34,15 kilometer yang menghubungkan daerah Gempol dan Kota Pasuruan. 

Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol yang menghubungkan antar kota utama di Jawa Timur yaitu Surabaya-Banyuwangi.

Adapun total investasi untuk membangun proyek Tol Gempol-Pasuruan ini diperkirakan mencapai Rp 4,03 triliun, dengan PT Jasa Marga Gempol Pasuruan sebagai pemegang konsesi.

Dalam Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memegang porsi saham mayoritas sebesar 80 persen dan 20 persen sisanya dimiliki oleh PT Jatim Marga Utama. 

Tol ini tersambung dengan Tol Surabaya-Gempol yang sudah beroperasi dan Tol Pasuruan-Probolinggo yang masih dalam tahap konstruksi.

Kehadiran tol Gempol-Pasuruan meningkatkan kemudahan arus logistik karena Gate Tol Rembang berlokasi yang tidak jauh dari Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Disamping itu menjadi jalur alternatif menuju Kota Pasuruan yang selama ini dilayani oleh jalan arteri nasional.

Sementara untuk ruas Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) saat ini progresnya sebesar 70,96 persen, ditargetkan tol tersebut akan tersambung pada akhir 2018 hingga Probolinggo sepanjang 33,3 kilometer.

Kemudian dilanjutkan dari Probolinggo hingga Banyuwangi yang ditargetkan selesai akhir tahun 2019.

Pengusahaan Tol Paspro oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol dengan investasi sebesar Rp 3,55 triliun dan pemegang saham mayoritas PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com