Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal tentang Desainer Interior yang Perlu Anda Ketahui

Kompas.com - 09/05/2018, 20:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Apakah Anda ingin menyewa desainer interior? Apakah Anda benar-benar butuh seorang desainer atau hanya ingin tahu seperti apa proses pekerjaannya?

Bagaimana pekerjaan yang dilakukannya? Seperti seorang dekorator, desainer interior dapat membantu Anda memilih barang dan perlengkapan rumah tangga, termasuk warna cat.

Baca juga : Wahai Para Arsitek, Ikuti Kompetisi Desain Resor dan Hotel Jayaboard

Di sejumlah negara bagian di Amerika Serikat, seorang desainer interior memiliki gelar desain dan mendapat sertifikasi, serta mempunyai keahlian tambahan dalam hal bangunan, standar konstruksi, pengerjaan proyek, dan hal lain.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan yang perlu Anda ketahui mengenai desainer interior:

1. Desainer interior mungkin saja bekerja untuk Anda meskipun Anda berada di kota yang berbeda.

Jika Anda sudah mengincar seorang desainer karena menyukai karyanya dan Anda tahu bahwa dia tinggal di kota yang jauh dari tempat tinggal Anda, jangan langsung menganggap Anda tidak bisa bekerja sama dengannya.

Saat ini sejumlah perusahaan desain interior memiliki kantor cabang atau perwakilan di kota lain. Para desainer pun bersedia melakukan perjalanan jauh untuk suatu proyek.

Jadi jika Anda ingin bekerja sama dengan desainer tertentu, harus dipastikan terlebih dahulu kesanggupannya.

2. Desainer interior menjalani pendidikan dan pelatihan yang ketat, sama seperti profesi lainnya.

“Sertifikasi merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa seorang desainer memenuhi syarat untuk mengerjakan proyek Anda,” kata Andrea Schumacher, seorang desainer interior di Amerika Serikat.

"Cara lain untuk mengetahui seorang desainer interior yang memenuhi syarat adalah dengan melihat pendidikannya dan memastikan itu cocok dengan apa yang dikerjakan," imbuhnya.

Pertimbangkan dengan baik pendidikan terkait desain dan sertifikasi profesional untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kualifikasi desainer interior Anda.

Andrea Schumacher memberi contoh dirinya sendiri. Dia bergelar sarjana desain interior dari Colorado State University, lalu mempelajari desain universal di Graduate School of Design di Harvard University dan merupakan anggota organisasi American Society of Interior Designers.

3. Desainer interior harus mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan menggunakannya untuk membantu mewujudkan keinginan anda.

"Seorang desainer harus tahu AutoCad dan program komputer yang lain untuk perencanaan ruang dan sebagainya," ucap Schumacher.

Halaman:
Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com