Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekarang, Mudik ke Sumatera Bisa Lewat Tol

Kompas.com - 09/05/2018, 19:14 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas Tol Trans Sumatera yang kini tengah digarap akan dibuka secara fungsional saat mudik dan balik Lebaran 2018. Satu ruas di antaranya saat ini tengah menjalani proses uji laik fungsi.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip Kompas.com, Rabu (9/5/2018), panjang ruas Tol Trans Sumatera yang akan dibuka fungsional mencapai 119 kilometer.

Ruas itu meliputi Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 SS Bakauheni-SS Sidomulyo sepanjang 30,5 kilometer, dan Paket 2 SS Sidomulyo-SS Lematang sepanjang 35,6 kilometer.

Baca juga : Saingi Malaysia, Jalur Tol Trans Sumatera Dikebut

Kemudian, Paket 3 Branti-Metro sepanjang 12,5 kilometer dan Paket 4 Gunung Sugih-Terbanggi Besar sepanjang 9,84 kilometer.

Dua ruas lainnya di jalan tol ini sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko Widodo awal tahun ini yaitu Paket 1 Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer dan Paket 2 SS Lematang-SS Kotabaru.

Dua seksi lain dari Jalan Tol Palembang-Indralaya direncanakan juga dibuka fungsional, yaitu Seksi 2 Pamulutan-KTM sepanjang 4,9 kilometer dan Seksi 3 KTM-Indralaya sepanjang 9,28 kilometer.

Adapun Seksi 1 Palembang-Pamulutan sepanjang 7,75 kilometer sebelumnya telah beroperasi menyusul diresmikannya pada Oktober 2017 lalu.

Ruas terakhir yang akan dibuka fungsional yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, terutama Segmen On Off Ramp Sementara Terbanggi Besar-Terusan Nyunyai sepanjang 22 kilometer.

Sementara itu, ruas tol yang kini tengah menjalani proses uji laik fungsi yaitu Seksi 1 Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) mulai dari SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer.

Bila nantinya seksi tersebut dioperasikan, maka akan melengkapi lima seksi sebelumnya yang telah beroperasi yakni Seksi 2-6 Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 46 kilometer.

Di samping kelima seksi tersebut, ada pula Tol Medan-Binjai sepanjang 10,46 kilometer yang telah beroperasi. Tol ini diresmikan Presiden pada 13 Oktober 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com