Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Holcim Sumbang Beton Berporus untuk Prasarana Asian Games

Kompas.com - 09/05/2018, 14:07 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut Asian Games ke-18 yang dimulai pada tanggal 18 Agustus 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merevitalisasi sejumlah sarana olahraga di Jakarta dan Palembang.

PT Holcim Indonesia Tbk menjadi salah satu perusahaan swasta yang terlibat dalam revitalisasi ini. Perusahaan ini berkontribusi dalam pekerjaan perkerasan prasarana melalui produk ThruCrete.

Baca juga : Ini Rencana Pemerintah Manfaatkan Venue Usai Asian Games

Produk ini bisa menangkap air ke dalam tanah secara langsung, misalnya di area pejalan kaki dan lintasan jogging.

Head of Aggregate Readymix Division Holcim Indonesia Juhan Suryanta mengatakan, kawasan Gelora Bung Karno ini merupakan cagar budaya. Ada green area yang harus dipertahankan tempat resapannya.

"Ada area yang harus dibeton, tapi beton berporus yang bisa menyerap air. Yang dibeton bukan sarana olahraganya, tapi fasilitas di sekelilingnya, misalnya jalur pejalan kaki dan taman," ujar Juhan Suryanta saat jumpa pers di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Dia menuturkan, beton seperti ini juga digunakan di sejumlah jalur pejalan kaki di Jakarta, seperti di Barito, Blok M, Grogol, dan taxiway landasan pacu Bandara Juanda, Surabaya.

Dalam rangka menyambut Asian Games, pengerjaan yang dilakukan di semua fasilitas di Jakarta antara enam sampai delapan bulan.

"Untuk Asian Games ini kami juga mengerjakan untuk fasilitas olahraga di Jawa Barat, tapi tidak untuk yang di Palembang karena di sana sarananya baru," ucap Juhan.

Dia menambahkan, Holcim juga akan mengerjakan proyek serupa bekerja sama dengan Pemkot Bandung dan penjajakan dengan Pemkot Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com