Kerugian Cowell Development Membengkak

Kompas.com - 08/05/2018, 19:29 WIB
Presiden Direktur PT Cowell Development Tbk Darwin F Manurung (kedua dari kanan) saat menyampaikan hasil RUPS di Jakarta, Selasa (8/5/2018). PT Cowell DevelopmentPresiden Direktur PT Cowell Development Tbk Darwin F Manurung (kedua dari kanan) saat menyampaikan hasil RUPS di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dua tahun terakhir, kerugian yang dialami perusahaan pengembang PT Cowell Development Tbk terus membengkak. Pelambatan perekonomian global ditengarai menjadi penyebabnya.

Dalam laporan keuangan tahunan 2017 yang diterbitkan, emiten berkode COWL itu mengalami kerugian Rp 72,26 miliar.

Jumlah ini membengkak lebih dari 200 persen bila dibandingkan 2016 yang hanya sebesar Rp 20,92 miliar.

Baca juga : Cowell Fokus Membangun Rumah Tapak

"Ya, kendati kondisi sektor properti dalam tiga tahun mengalami penurunan, namun tidak menyurutkan Perseroan untuk terus meningkatkan kinerja bisnis di tengah tantangan yang
ada," kata Presiden Direktur PT Cowell Development Tbk Darwin F Manurung di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Kerugian yang dialami lantaran beban keuangan yang ditanggung Perseroan terlalu besar yakni Rp 162 miliar.

Selain itu, di dalam laporan keuangan juga disebutkan sebagai akibat selisih kurs rupiah terhadap dollar sebesar Rp 14,4 miliar.

Padahal sebelumnya, Perseroan mampu mencatatkan keuntungan atas selisih kurs hingga Rp 47 miliar.

Secara umum, pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di level 5,1 persen sudah cukup baik. Pertumbuhan ini tidak terlepas dari dorongan sektor investasi sebesar 5,35 persen.

Namun, pertumbuhan tersebut tidak diikuti dengan pertumbuhan konsumsi yang hanya berada di level 4,95 persen.

Daya beli yang stagnan berpengaruh terhadap perkembangan industri properti. Indeks properti nasional menunjukkan adanya fluktuasi dari kuartal ke kuartal berikutnya.

Campur tangan pemerintah, seperti pelonggaran aturan loan to value (LTV) dari 20 persen menjadi 15 persen, meski berpengaruh tapi belum terlalu signifikan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X