7 Cara Hemat Bikin Teras Rumah Lebih Menarik - Kompas.com

7 Cara Hemat Bikin Teras Rumah Lebih Menarik

Kompas.com - 08/05/2018, 11:00 WIB
Bagian teras rumah pohon Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah laut, tempat yang menyenangkan untuk menikmati matahari terbenam.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Bagian teras rumah pohon Pondok JLO yang posisinya menghadap ke arah laut, tempat yang menyenangkan untuk menikmati matahari terbenam.

KOMPAS.com — Area teras di rumah terasa menjemukan dan Anda ingin mengubahnya. Namun, Anda tidak memiliki cukup dana untuk melakukan perubahan.

Berikut ini tujuh cara mudah bagi Anda untuk membuat teras di rumah, baik berukuran besar maupun kecil, agar terlihat lebih menarik dan nyaman:

1. Pilih meja bundar, bukan persegi

Jika Anda hendak membeli meja dan kursi untuk di teras, lebih baik memilih yang bentuknya bundar atau oval daripada yang persegi atau bujur sangkar.

Tidak ada orang yang suka duduk di hadapan meja sudut saat makan malam. Selain itu, meja bundar lebih mudah dipindahkan dan bisa membuat tamu merasa lebih nyaman.

2. Maksimalkan dinding di taman

Kebanyakan orang memberi perhatian pada apa yang ada di permukaan tanah, padahal pagar dan dinding juga bisa didesain jadi lebih menarik.

Sebagai contoh, Anda bisa mengubah kotak surat yang sudah lama menjadi bergaya serasa di kebun. Hal ini bisa diterapkan di teras yang ukurannya kecil.

Ilustrasi teras rumahwww.houzz.com Ilustrasi teras rumah
Jangan lupakan juga bagian atas dinding kebun. Anda bisa melapisinya dengan tanaman seperti di kebun.

Itu berguna jika Anda ingin punya privasi dari tetangga atau memang ingin ada lebih banyak tanaman.

3. Hadirkan suara yang alami

Teras rumah Anda akan terasa lebih menyenangkan jika ada suara kicauan burung atau dengungan lebah.

Bisa juga Anda menggabungkan beberapa suara alam yang baik untuk pikiran dan menenangkan jiwa.

Misalnya, suara air yang tidak hanya membuat santai, tetapi juga bisa menutupi kebisingan lalu lintas jalan atau area di sekitar rumah.

4. Tambahkan tirai atau gorden

Langkah selanjutnya adalah mempercantik tampilan rumah Anda dengan tanaman hijau. Tanaman hijau membuat rumah Anda lebih segar. Gunakan pot untuk menambahkan tanaman di teras rumah. www.houzz.com Langkah selanjutnya adalah mempercantik tampilan rumah Anda dengan tanaman hijau. Tanaman hijau membuat rumah Anda lebih segar. Gunakan pot untuk menambahkan tanaman di teras rumah.
Gorden atau tirai bisa menyaring panasnya sinar matahari sehingga teras rumah terasa hangat dan nyaman, serta privasi pun tetap terjaga.

Adan juga bisa bebas memilih warna dan mengatur posisinya sehingga lebih mudah digerakkan atau digeser ke kiri dan ke kanan sesuai kebutuhan.

5. Merangkai lampu hias

Kehadiran lampu hias dengan harga terjangkau bisa membuat suasana teras rumah jadi lebih ramai, tetapi tetap menyenangkan.

Beragam material pilihan pun tersedia, misalnya lampu dan bohlam dari ukuran kecil hingga besar dengan corak polos dan berwarna-warni.

Selain lampu hias, Anda juga bisa menambahkan bendera supaya teras tampak lebih meriah, apalagi jika ada perayaan ulang tahun atau acara khusus lainnya.

6. Buat lebih personal 

Jika berpikir kreatif, Anda juga bisa mengekspresikan diri di teras rumah dengan menanam aneka bunga dan tumbuhan.

Teras rumah Ndalem Tjokrosoemartan, milik saudagar batik Laweyan, Solo, yang dibangun tahun 1915. Rumah menjadi simbol keberhasilan ekonomi pedagang batik. Sepasang kaca besar yang dipajang dipercaya sebagai penolak bala.KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Teras rumah Ndalem Tjokrosoemartan, milik saudagar batik Laweyan, Solo, yang dibangun tahun 1915. Rumah menjadi simbol keberhasilan ekonomi pedagang batik. Sepasang kaca besar yang dipajang dipercaya sebagai penolak bala.
Tambahkan pula benda-benda lain sebagai penghias suasana di teras, misalnya menyelipkan botol di antara batang pohon dan menaruh pot tanaman.

7. Gunakan kembali barang lama

Coba periksa loteng, gudang, dan garasi rumah Anda. Siapa tahu masih ada barang yang sudah lama tidak dipakai tetapi justru bermanfaat untuk di teras rumah.

Daripada hanya disimpan terus, lebih baik keluarkan barang itu karena masih ada gunanya.


Komentar
Close Ads X