Inspirasi Bantal Sofa Cantik di Ruang Tamu Anda - Kompas.com

Inspirasi Bantal Sofa Cantik di Ruang Tamu Anda

Kompas.com - 06/05/2018, 13:46 WIB
Poros Living Exhibition Karya Vin?da?te www.arsitag.com Poros Living Exhibition Karya Vin?da?te

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah ruang tamu Anda tampak membosankan dan ketinggaan zaman? Ruang yang digunakan sebagai tempat menyambut tamu harusnya diberi perhatian lebih.

Sayangnya, seringkali banyak barang yang dibiarkan menumpuk dan membuat kondisinya terlihat usang. Lambat laun, ruang tamu pun semakin kehilangan pesona.

Padahal, kalau Anda cukup lihai memilih, penambahan bantal dan kursi yang tepat bisa mempercantik ruangan dan menciptakan atmosfir yang segar.

Jika mengganti sofa biayanya terlalu mahal, mengakali tampilan dengan mengganti bantal kursi tamu Anda tentu lebih mudah dan murah.

Bagaimana menyulap tampilan ruang tamu agar tak membosankan hanya dengan bermodal cushion saja? Simak beberapa inspirasi dan tips menarik dari Kompas.com dan Arsitag di bawah ini!

Hindari motif dan warna bantal yang sama dengan sofa

Marshal House di Pulomas, karya Yohanes Khouw.www.arsitag.com Marshal House di Pulomas, karya Yohanes Khouw.
Punya cushion yang bercorak sama dengan sofa Anda? Sekarang hal itu sudah tak zaman lagi. Selain membosankan, bantal malah tidak tampil mencolok dan gagal membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Cobalah mencari bantal sofa berwarna kontras dengan corak kursinya seperti beberapa contoh ruang tamu bergaya modern seperti di bawah ini.

Jika Anda menyukai warna monokrom, Anda bisa memanfaatkan kontras antara warna hitam dengan putih untuk memilih cushion.

Sofa putih dengan cushion hitam.
www.petergreenway.org Sofa putih dengan cushion hitam.

Memilih cushion dengan corak kontras

Beberapa cushion berbeda corak dengan konsep bunga.www.homelife.com.au Beberapa cushion berbeda corak dengan konsep bunga.
Segala yang tidak seragam, belum tentu tidak enak dipandang mata. Begitu juga dengan cushion yang bisa Anda aplikasikan di ruang tamu.

Anda bisa memilih beragam corak dengan kombinasi warna yang pas. Jika takut ada bentrokan warna, silakan bermain aman dengan memilih gradasi satu warna dari gelap ke terang.

Memilih model bantal kursi kayu

Jika kursi rumah berbahan kayu, Anda bisa lebih leluasa memilih cushion. Apalagi, Anda juga bisa dengan mudah mengganti warna sarung kursinya.

Dengan kursi berbahan kayu, memasang cushion yang sewarna dengan dudukan dan sandarannya juga tidak jadi masalah, seperti contoh desain di bawah ini.

Contoh pemilihan bantal untuk kursi kayu.
 www.connectorcountry.com Contoh pemilihan bantal untuk kursi kayu.

Pertimbangkan memilih berbagai bentuk dan ukuran bantal kursi

 

Tidak hanya berani bereksperimen dengan warna dan corak, Anda juga bisa mencoba bereksperimen dengan berbagai bentuk dan ukuran bantal. Bantal kursi tidak mesti berbentuk persegi empat sama sisi.

Cobalah memasang bantal dengan bentuk persegi panjang, bulat, bahkan berbentuk hati. Contohnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Paduan bantal besar dan bantal kecil untuk sofa.
www.amara.com Paduan bantal besar dan bantal kecil untuk sofa.

Memilih cushion untuk sofa berbahan kulit

Sofa berbahan kulit, terutama yang berwarna gelap memberikan kesan mewah sekaligus kaku. Anda bisa mengubah kesan ini dengan menambahkan bantal sofa yang pas.

Untuk memberikan kesan elegan namun santai, Anda bisa memilih cushion dengan corak ukiran atau batik seperti contoh di bawah ini.

Contoh pemilihan bantal untuk kursi kulit.
www.houzz.com Contoh pemilihan bantal untuk kursi kulit.
Jika sofa kulit Anda berwarna cerah, Anda bisa memilih cushion cerah untuk mendongkrak atmosfer cerah di ruang tamu seperti contoh di bawah ini.

Pemilihan bantal untuk sofa kulit berwarna cerah.
www.pinterest.com Pemilihan bantal untuk sofa kulit berwarna cerah.


Sumber
Komentar
Close Ads X