Dinding Polos Bikin Bosan? Yuk, Hias dengan Mural! - Kompas.com

Dinding Polos Bikin Bosan? Yuk, Hias dengan Mural!

Kompas.com - 06/05/2018, 07:00 WIB
RED Lapin Apartment di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.www.arsitag.com RED Lapin Apartment di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Mural menjadi tren baru untuk menghias dinding rumah minimalis. Sebenarnya, desain mural sudah mengekspresikan kreativitas, imajinasi, dan visi masyarakat Indonesia sejak lama.

Pada zaman penjajahan, para pejuang membuat lukisan mural sebagai ekpresi keinginan terbebas dari penjajahan dan penyemangat untuk bersatu.

Sekarang, mural bukan lagi sekadar elemen tambahan untuk mempercantik ruang, tetapi menjadi bagian elemen desain yang berkaitan dengan arsitektur dan mencerminkan karakter pemiliknya.

Sebagai sarana mencurahkan aspirasi non-verbal, bahan pewarna mural bisa berupa cat dinding, cat kayu, cat semprot, kapur tulis, hingga pensil warna.

Desain mural akan menghias dinding rumah minimalis Anda dalam jangka waktu cukup lama, jadi pilihlah dengan bijaksana agar ekspresi mural dapat menambah kenyamanan dan tidak membosankan.

Berikut beberapa inspirasi desain mural dari Kompas.com dan Arsitag untuk menghias dinding rumah minimalis Anda:

Mural membuat ruang keluarga jadi ceria

Revano Satria membuat mural seekor kelinci dan anjing kecil serta sepasang mata di ruang keluarga RED Lapin Apartment.

Mural kelinci dan anjing kecil dalam gambar kartun sederhana dapat ‘menghidupkan’ suasana ruang keluarga walau tidak ada penghuni rumah yang sedang ada di sana, sekaligus perlambang kebersamaan yang harus ada dalam ruang keluarga.

Sepasang mata bisa jadi mencerminkan ‘pengawasan’ orangtua yang mengingatkan anak-anaknya untuk tetap ingat waktu saat menonton atau bermain games.

Mural lucu untuk kamar tidur anak

RED Lapin Apartment di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.www.arsitag.com RED Lapin Apartment di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.
Sebenarnya yang paling menarik dari mengikutsertakan mural sebagai elemen desain adalah proses pembuatannya, apalagi saat membuat desain mural untuk kamar anak.

Ikutsertakan anak mulai dari proses pemilihan tema bahkan sampai proses pembuatannya. Semua proses ini akan menjadi pengalaman kebersamaan yang tak terlupa.

Mural bertema luar angkasa sebagai sarana edukasi di kamar tidur anak.www.slodive.com Mural bertema luar angkasa sebagai sarana edukasi di kamar tidur anak.
Tema galaksi dapat menjadi mural keren sekaligus sarana belajar yang unik. Warna biru gelap yang meneduhkan berpadu dengan planet-planet berwarna-warni yang mengelilingi matahari yang terang, dapat menginspirasi ide kreatif.

Mural untuk memajang foto di kamar tidur anak Paulus Hyu di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.www.arsitag.com Mural untuk memajang foto di kamar tidur anak Paulus Hyu di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.
Untuk tampilan yang lebih lembut, mural dapat bertema kartun dengan gambar-gambar yang lebih sederhana dan dibuat sendiri oleh anak. Mural juga bisa menjadi cara kreatif memajang foto sebagai dekorasi interior rumah.

Mural membuat kamar tidur terasa berbeda

Mural bunga tulip dengan latar laut.www.tarzan-movie.ru Mural bunga tulip dengan latar laut.
Mural bertema alam dapat menambah kenyamanan dalam kamar tidur minimalis. Selain itu, desain mural berhiaskan bunga tulip dengan latar gelombang laut biru dan garis-garis awan yang menyejukkan membuat kamar tidur terasa lebih lega.

Mural mengubah tampilan dapur monoton

Mural minimalis yang sederhana namun elegan.www.seriesarcher.com Mural minimalis yang sederhana namun elegan.
Kuatnya kesan garis pada dapur minimalis, terutama dapur yang luas, bisa menimbulkan kesan monoton.

Manfaatkan mural dengan tema minimalis yang terbentuk dari garis-garis lengkung sebagai ‘pemecah’ kemonotonan secara lembut.

Mural bisa membuat Anda makan cantik setiap hari

Ruang makan minimalis kontemporer warna hitam putih dengan mural bertema ranting.www.homeposh.com Ruang makan minimalis kontemporer warna hitam putih dengan mural bertema ranting.
Bagi pencinta hitam putih, desain mural bertema ranting dengan beberapa helai daun dan burung kecil, dapat menjadi mural keren untuk menghias dinding dapur minimalis; sederhana, mudah dibuat sendiri, namun cukup signifikan membawa perubahan suasana di ruang yang serba putih.

Murah anggrek bulan yang mencerahkan ruang makan minimalis.
www.idolza.com Murah anggrek bulan yang mencerahkan ruang makan minimalis.
Mural anggrek bulan dengan warna ungu kemerahan yang cantik membuat dapur minimalis tampil elegan.

Mural mengubah suasana kamar mandi

Mural unik di kamar mandi Paulus Hyu di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.www.arsitag.com Mural unik di kamar mandi Paulus Hyu di Jakarta karya Revano Satria tahun 2016.
Ternyata, desain mural tidak hanya bisa ditampilkan pada dinding ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan ruang makan saja.

Area privat seperti kamar mandi, juga bisa dipercantik dengan desain mural. Dengan cara yang unik, Revano Satria memanfaatkan mural sebagai sarana edukasi di rumah Paulus Hyu tentang cara memakai kamar mandi yang benar dan cara menjaga kebersihannya.

Kamar mandi dengan mural di bawah laut.www.beddinginn.com Kamar mandi dengan mural di bawah laut.
Mural bertema air, ikan, sungai, dan laut, cocok diterapkan pada dinding kamar mandi. Selain membuat kamar mandi terasa lebih lega, tema seperti itu memberikan sensasi kenyamanan mandi yang unik.

Mural keren di lantai kamar mandi minimalis.www.youtube.com Mural keren di lantai kamar mandi minimalis.
Tren mural membawa penghuninya ke level yang lebih tinggi dalam menerapkan dan menikmati karya seni di rumah.

Apapun tema mural yang Anda pilih sebagai bagian elemen rumah, pastikan Anda telah berpikir panjang dan memilih tema, warna, serta bahan yang paling nyaman untuk Anda sekeluarga.

Pejamkan mata, berimajinasilah, bayangkan tema mural yang Anda inginkan, dan wujudkan inspirasi desain mural untuk menghias dinding rumah minimalis Anda.


Sumber
Komentar
Close Ads X