Selama Mudik Lebaran, Tol Fungsional Dibuka Satu Arah

Kompas.com - 05/05/2018, 22:30 WIB
Jalur tol yang akan dibuka fungsional saat lebaran. Jasa MargaJalur tol yang akan dibuka fungsional saat lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan anak usahanya akan dibuka fungsional pada mudik-balik Lebaran tahun 2018 ini.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani memastikan jalur tol yang  dibuka fungsional sudah dalam kondisi siap. Hal itu diketahui saat Desi mengecek langsung kondisi jalur tersebut, Jumat (4/5/2018) kemarin.

Ia menyatakan, jalur yang dibuka fungsional hanya dibuka untuk satu arah.

"Satu jalur terdiri dari dua lajur. Semuanya satu arah, jadi pada saat mudik semuanya (fungsional) ke arah timur dan pada arus balik semuanya ke arah barat," kata Desi saat mengecek kesiapan jalur fungsional proyek Tol Trans Jawa, Jumat (4/5/2018).

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani saat meninjau kesiapan jalur tol fungsional saat arus mudik Lebaran 2018.Jasa Marga Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani saat meninjau kesiapan jalur tol fungsional saat arus mudik Lebaran 2018.
Adapun ruas tol yang akan dibuka fungsional yaitu Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Solo-Ngawi, Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Wilangan-Nganjuk, dan Jalan Tol Pandaan-Malang ruas Pandaan-Purwodadi.

"Yang disebut jalur fungsional adalah sesuai level kesiapannya, jadi sudah bukan darurat seperti tahun lalu," jelas Desi.

Pada saat melakukan pengecekan kesiapan jalur kemarin, ada beberapa titik yang dikunjungi Desi dan rombongan.

Selain itu, Desi juga memastikan kesiapan mobile reader di Gerbang Tol Cikarang Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan.

Di Jawa Barat, rest area KM 88 di Tol Purwakarta-Cileunyi (Purbaleunyi) dan rest area KM 207 Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) juga tak luput dari pemantauan.

Jalur tol fungsionalJasa Marga Jalur tol fungsional
Sementara di Jawa Tengah, beberapa proyek yang disambangi yaitu Tol Batang-Semarang dan Tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura.

PT Jasamarga Semarang Batang selaku pengelola Tol Batang Semarang bahkan memastikan bila ruas tol itu dapat dibuka fungsional sejak H-10 hingga H+10.

Untuk menjaga kelancaran arus kendaraan, Desi memastikan, Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pemerintah, cabang perusahaan, anak perusahaan, hingga badan usaha jalan tol lainnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X