Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bernardus Djonoputro
Ketua Majelis Kode Etik, Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP)

Bernardus adalah praktisi pembiayaan infrastruktur dan perencanaan kota. Lulusan ITB jurusan Perencanaan Kota dan Wilayah, dan saat ini menjabat Advisor Senior disalah satu firma konsultan terbesar di dunia. Juga duduk sebagai anggota Advisory Board di Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung ( SAPPK ITB).

Selain itu juga aktif sebagai Vice President EAROPH (Eastern Region Organization for Planning and Human Settlement) lembaga afiliasi PBB bidang perencanaan dan pemukiman, dan Fellow di Salzburg Global, lembaga think-tank globalisasi berbasis di Salzburg Austria. Bernardus adalah Penasehat Bidang Perdagangan di Kedubes New Zealand Trade & Enterprise.

Kota, Warga, dan Perangai Urban

Kompas.com - 04/05/2018, 10:04 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MEMPELAJARI perencanaan kota di Indonesia sering mengacu kota-kota di Amerika Serikat sebagai pembanding. Ini karena kebanyakan perencana yang lulus dari sekolah-sekolah perencanaan di AS dan Eropa hampir semua bermahzab kontinen. Ruang sebagai satu daratan. 

Dalam rendevouz dengan New York dan Miami, kali ini saya tergelitik untuk membandingkan pola laku warga mega cities dunia dan kota kecil masa kini.

Sambil memotong daging medium-rare lembut khas Peter Lugger, sebuah restoran berbintang Michelin 1 membuat pikiran ini terangsang untuk mendalami perangai warga sebagai bagian tak terpisahkan dari dinamika sebuah kota.

Bagi penduduk kota ataupun pendatang, berjalan di belantara beton adalah seni tersendiri. Untuk tidak tersesat di hutan beton, bahkan teknologi GPS dan peta real time pun terus disempurnakan untuk membantu manusia bergerak di dalam kota.

Berjalan menyusuri petak-petak blok bangunan pada pola grid The Big Apple dari Soho di Lower Manhattan sampai ke West Central Park, tak kurang sepanjang 6.5 kilometer, seseorang bisa berjalan tanpa mudah tersesat.

Central Park, New York katar syuting film Spiderman. Dailymail Central Park, New York katar syuting film Spiderman.
Coba jalan melintang di Broadway, maka kita akan memahami esensi pola grid. Begitu banyak landmark dan ciri-ciri utama yang mudah di ingat, dan sistem penomoran jalan dan jalan utama, membentuk grid yang sederhana.

Walaupun kota ini semakin penat dan tua, namun banyak peremajaan kota di New York berjalan dengan progresif, mewarnai kota lebih hidup dan relevan.

Kawasan-kawasan ini tumbuh menjadi landmark, seperti di Soho atau South of Houston Street, yang mulai oleh perencana kota Chester Rapkin.

Dialah yang memulai memakai penamaan kawasan peremajaan Tribeca (Triangle Below Canal street), NoMad (North of Madisson Square), Dumbo (Down Under the Manhattan Bridge Overpass) dan lain lain. 

Soho menjadi ikon kota New York sebagai kawasan bagi golongan muda kreatif, dipenuhi dengan berbagai atraksi kuliner restoran kelas atas yang antriannya mengular, seperti Balthazar, Nobu, Roul, Le Cou Cou.

Antrean pengunjung yang hendak masuk ke arena teater Madison Square Garden, New York, untuk menghadiri pesta peringatan 35 tahun G-Shock, Kamis malam (9/11/2017) waktu setempat.DESTRIA RAY Antrean pengunjung yang hendak masuk ke arena teater Madison Square Garden, New York, untuk menghadiri pesta peringatan 35 tahun G-Shock, Kamis malam (9/11/2017) waktu setempat.
Seperti kota dunia lainnya, restoran-restoran ini menjadi wajib untuk merasakan dinamika kota tersebut. Dan Soho, tak kekurangan atraksinya.

Bagian kota dengan luas 26 blok dan 500 bangunan lebih ini sangat mempesona dengan elemen cast iron di bangunan dan batu-batu paving jalanan dari Belgian stones, yang sejak 1973 ditetapkan sebagai kawasan bersejarah.

Peremajaan bagian kota seperti Battery Park, Soho menjadi perhatian utama sejak Bloomberg menjadi Walikota. Ketua Komisi Perencanaan dan Chief Planners nya, Amanda Burden, menjadikan kota dunia ini bertambah pesonanya, karena semakin berwawasan skala ruang manusia.

Masih banyak lagi peremajaan dilakukan di kota ini. Yang menarik adalah, tumbuhnya landmark semakin vibrant, membuat orientasi manusia di kota pun semakin mudah.

Reklame Muhaimin Iskandar Cawapres 2019 di Jl. Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. KOMPAS.com/Yoga Sukmana Reklame Muhaimin Iskandar Cawapres 2019 di Jl. Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
Apakah kita berjalan kaki, memakai subway, bis kota ataupun taksi daring, bisa dengan mudah memakai keteraturan sebagai pedoman memudahkan perjalanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com