Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jakarta dan Palembang Dijanjikan Beroperasi Juni-Agustus

Kompas.com - 02/05/2018, 19:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, Kompas.com - Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 melakukan berbagai persiapan untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang olahraga tersebut.

Selain venue olahraga, hal lain yang penting dipersiapkan yaitu sarana dan prasarana transportasi. Dalam hal ini, pengerjaannya dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Staf Ahli Menteri Perhubungan Umar Aris mengatakan, sarana dan prasarana transportasi untuk Asian Games 2018 sudah disiapkan oleh Kemenhub, baik untuk kedatangan maupun kepulangan para peserta.

Persiapan itu di antaranya berupa operasional angkutan shuttle bus, perlengkapan jalan, dan bus air.

Light rapid transit (LRT) ada di Jakarta dan Palembang. Untuk di Jakarta disiapkan dari Kelapa Gading sampai velodrom, sekitar 6 kilometer. Progresnya 70 persen. Satu trainset buatan Korea siap beroperasi pada Agustus nanti,” urai Umar Aris dalam suatu diskusi persiapan Asian Games 2018, Rabu (2/5/2018) di Jakarta.

Baca juga: Per April, Pembangunan Venue Asian Games Habiskan Dana Rp 3,7 Triliun

Dia menambahkan, kereta api di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga sudah disiapkan sebagai alternatif untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, ada pula bus representatif dan sesuai standar yang ditentukan, misalnya sopir yang ramah, fasilitas yang nyaman seperti  AC serta video dan audio system.

Mengenai target perjalanan para atlet, kata Umar, dari penginapan sampai ke venue diperkirakan tidak lebih dari 30 menit. Untuk pengamanan, secara teknisnya diserahkan ke Polri.

“Di Sumatera Selatan, progres fisiknya 89,4 persen. Kereta sudah ada di depo dan dalam pengujian, nantinya beroperasi bulan Juni,” ungkap Umar.

Begitu pula dengan operasional di bandara, tambahnya, saat ini dilakukan koordinasi antar-instansi sehingga persiapannya matang untuk menyukseskan Asian Games nanti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com