Jababeka Mulai Bangun Apartemen Golf Khas Jepang - Kompas.com

Jababeka Mulai Bangun Apartemen Golf Khas Jepang

Kompas.com - 02/05/2018, 13:30 WIB
Pengembangan Kawana Golf Residence menjadi penanda awal transformasi kawasan Jababeka dari kawasan industri menjadi kota mandiri terintegrasi yang memakai standar internasional. Dok Jababeka Residence Pengembangan Kawana Golf Residence menjadi penanda awal transformasi kawasan Jababeka dari kawasan industri menjadi kota mandiri terintegrasi yang memakai standar internasional.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jababeka Creed Residence resmi akan membangun Kawana Golf Residence, apartemen golf khas Jepang di kawasan Jababeka Residence. Penanaman tiang pancang (groundbreaking) pertama sudah dilakukan Kamis (26/4/2018) pekan lalu.

Presiden Direktur Jababeka Residence, Sutedja S. Darmono, mengatakan pengembangan Kawana Golf menjadi penanda awal transformasi kawasan Jababeka dari kawasan industri menjadi kota mandiri terintegrasi yang memakai standar internasional. Setelah hampir 30 tahun, lanjut dia, pengembangan kawasan Jababeka sudah layak untuk menyasar kalangan atas dan ekspatriat.

"Kawana kami kembangkan sesuai standar segmen tersebut dan punya pasar tersendiri di sini. Kami bahkan sanggup mendatangkan investor asing dari Jepang, Korea Selatan, dan Hongkong," kata Sutedja, Rabu (2/5/2018).

Sutedja menambahkan bahwa Jababeka Residence memang terus dikembangkan dengan cepat. Keberadaan lebih dari 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara di sekitar kawasan ini memicu pembangunan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan kalangan ekspatriat di wilayah Cikarang dan sekitarnya.

Terkait kebutuhan itulah Jababeka membangun serviced apartment Kawana Golf Residence yang membawa khas Jepang. Proyek apartemen yang harga per unitnya mulai Rp1 miliar sampai Rp2 miliar ini membidik penyewa kalangan ekspatriat di timur Jakarta.

"Kami optimistis, karena ini apartemen ini punya akses langsung untuk bermain golf, dan inilah yang membedakannya dengan apartemen lain di timur Jakarta. Terbukti sampai April kemarin tower pertama Kawana yang mencakup 234 unit sudah terserap 100 persen," ujar Sutedja.

Saat ini tower I Kawana Golf Residence dipasarkan mulai Rp33 juta per meter persegi. Ada tiga tipe unit di tower ini, mulai studio (26,55 m2 semi gross) sampai dua tempat tidur (62 m2 semi gross).

"Banyak kami tambahkan unsur Jepang di apartemen ini, mulai interior unit sampai fasilitas seperti pemandian air hangat, restoran otentik Jepang, termasuk sarapan khas Jepang," tambah Sutedja. 

Kawana Golf Residence sendiri masuk sebagai bagian Jababeka Golf City seluas 180 hektar. Kawasan ini dirancang dengan konsep pengembangan premium. Luas fasilitas olahraga golf di sini mencapai 86 hektar dan akan menjadi pusat Jababeka Golf City yang dikelilingi pengembangan area residensial dan komersial.

Direktur PT Jababeka Creed Residence, Handoyo Lim, menambahkan bahwa selain Kawana Golf, Jababeka juga menyiapkan pengembangan berkonsep Jepang lain untuk Jababeka Golf City seperti area komersial Japan Village, superblok Little Tokyo yang dikembangkan bersama PT PP Properti-Jababeka, Mayfair Plaza Indonesia Jababeka, dan lain-lainnya.

"Untuk mengembangkan Kawana Golf ini kami aktif mencari penyewa ekspatriat, karena prospek investasi Kawana didukung tujuh kawasan industri besar di Cikarang yang menjadi tempat bekerjanya 10.000 ekspatriat," kata Handoyo.

Selama dua tahun terakhir, lanjut Handoto, PDB wilayah Cikarang mencapai Rp 150 triliun sehingga menyediakan pasar utama untuk bisnis sewa properti. Sejak mulai dipasarkan pada Oktober 2017 lalu, pengembang berhasil mengumpulkan lebih dari 100 letter of intent (LOI) calon penyewa ekspatriat Jepang dan Korea Selatan untuk proyek Kawana Golf Residence.

"Pembangunan tower pertama ini kami harapkan bisa selesai dalam 24 bulan. Melihat responnya luar biasa terhadap high end residential, kami bahkan sedang mempersiapkan pengembangan tahap kedua dengan ukuran unit lebih besar," kata Handoyo.


EditorLatief

Close Ads X