Jalur Khusus Ini, Manjakan Para Komuter Pesepeda - Kompas.com

Jalur Khusus Ini, Manjakan Para Komuter Pesepeda

Kompas.com - 01/05/2018, 21:00 WIB
MINILOOPInhabitat MINILOOP

KOMPAS.com - Satu-satunya moda transportasi ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi di dunia adalah sepeda.

Namun, tidak banyak masyarakat di dunia ini yang menggunakan alat transportasi tersebut sebagai moda transportasi utama saat ini.

Baca juga : Garasi Parkir Sepeda Terbesar Dunia Dibuka di Belanda

Selain karena jarak yang ditempuh jauh, faktor cuaca sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi pesepeda.

Pada akhirnya, banyak yang memilih untuk menggunakan mobil pribadi, bus, atau kereta sebagai alat transportasi.

MINILOOPInhabitat MINILOOP
Namun, bila sepeda memiliki jalur khusus yang dapat melindungi pemakainya dari sengatan sinar matahari dan air hujan, apakah Anda akan menggunakannya?

Melansir Inhabitat, baru-baru ini seorang arsitek bernama Richard Moreta meluncurkan model lintasan tertutup bagi pesepeda, yang bernama MINILOOP.

MINILOOP dirancang untuk memanfaatkan energi terbarukan dan memasok kelebihan daya ke jaringan kota lokal. Lintasan ini memiliki struktur tinggi berupa pipa tertutup yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

MINILOOPInhabitat MINILOOP
Dirancang untuk dapat menyesuaikan dengan berbagai macam iklim, MINILOOP memiliki desain terbuka untuk negara yang memiliki iklim sedang, dan terisolasi untuk negara dengan cuaca ekstrim.

"MINILOOP membantu menciptakan lebih sedikit lalu lintas dan polusi secara bersamaan. Dengan mengambil lebih banyak kendaraan bermotor konvensional dari jalan dan memberikan ruang vertikal untuk menanam tanaman atau menyaring udara sekaligus," demikian penjelasan sang arsitek.

"MINILOOP sekaligus dapat meminimalisir insiden kecelakaan lalu lintas dan bersepeda dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi keluarga maupun para komuter," lanjut dia.

MINILOOPInhabitat MINILOOP

Jalur khusus ini tak hanya bagi sepeda, tetapi juga bagi sepeda motor listrik yang hanya meninggalkan jejak karbon rendah.

Untuk mendorong masyarakat memilih moda transportasi hijau, masing-masing MINILOOP juga akan dilengkapi dengan sepeda listrik dan stasiun pengisian daya kendaraan, hingga tempat penyewaan sepeda listrik.


Komentar
Close Ads X