Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindahan Makam Terdampak Proyek Tol Batang-Semarang Rampung

Kompas.com - 25/04/2018, 23:46 WIB
Slamet Priyatin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Pemindahan makam di Desa Kertomulyo Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang terkena proyek Jalan Tol Batang-Semarang rampung dilakukan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Batang-Semarang Tendy Hardianto mengubgkapkan hal tersebut kepada Kompas.com, Rabu (25/4/2018).

Baca juga : Pembebasan Lahan Tol Batang-Semarang Mendekati 100 Persen

Tendy mengatakan pemindahan semua makam yang ada di tempat pemakaman umum (TPU) Kertomulyo, yang terkena proyek tol sudah dipindahkan ke TPU baru.

“Sudah selesai, semuanya lancar," kata Tendy.

Menurut Kepala Desa Kertomulyo Kamsani mengatakan dari 500 makam di TPU yang terkena pembangunan tol, hanya 165 yang mempunyai ahli waris.

Biaya pemindahan sebuah makam dari TPU lama ke yang baru, sebesar Rp 1,3 juta. Biaya pemindahan ditanggung oleh PT Waskita Karya (persero) Tbk.

“Itu untuk biaya penduduk, kafan dan lainnya,” kata Kamsani. 

80 bidang

Tendy juga mengaku sudah meminta kepada Pengadilan Negri Kendal untuk mengeksekusi 80 bidang tanah dan rumah yang terkena pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang. 

“Semuanya sudah dieksekusi. Tapi saya belum bisa mengatakan selesai 100 persen. Sebab masih ada beberapa warga yang minta waktu 2 hari, untuk membongkar rumahnya sendiri, “ tutur Tendy.

Menurut Tendy, batas waktu eksekusi Kamis (26 /4/2018). Pada batas waktu tersebut, dia akan kembali mendatangi rumah yang dibongkar oleh pemiliknya sendiri tersebut.

“Besok, kami tetap merobohkan rumah tersebut, karena sudah selesai batas waktunya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com