Kementerian PUPR Bangun Rusunawa Khusus Lansia - Kompas.com

Kementerian PUPR Bangun Rusunawa Khusus Lansia

Kompas.com - 24/04/2018, 11:37 WIB
Ilustrasi apartementhinkstock Ilustrasi apartemen

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Yayasan Ria Pembangunan.

Rusunawa ini diperuntukkan bagi para orang tua lanjut usia (lansia) yang terletak di Cibubur, Jakarta Timur.

Baca juga : Rusunawa Murah Ini Bisa Jadi Pilihan Hunian Generasi Milenial

Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR membangun rusunawa tersebut dengan nilai Rp 16 miliar.

"Karena rusun ini untuk lansia, semua sudah disiapkan seperti listrik dan mebel. Kita harapkan lansia tinggal dengan nyaman di sini," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid saat peresmian rusun tersebut, Selasa (24/4/2018).

Selain listrik dan mebel, rusunawa ini memiliki ramp dan hand rail. Tidak hanya itu, di rusun tersebut juga terdapat lift serta fasilitas penunjang seperti prasarana, sarana dan utilitas.

Kemudian, mebelair yang ada di rusun ini adalah lemari pakaian, tempat tidur ukuran king, sofa, meja tamu, serta kursi dan meja makan.

Rusunawa ini dibangun dengan tipe 24, 3 lantai, dan 1 Tower Block. Dari total 90 unit, lantai 1 terdiri dari 22 unit, sementara lantai 2 dan 3 masing-masing terdiri 34 unit. Setiap unitnya akan dihuni oleh seorang lansia.

Adapun menurut Ketua Pembina Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan Cibubur Haryono, rusun ini untuk lansia ini sangat dibutuhkan.

"Selama ini rusun untuk lansia sudah tidak layak, sudah reyot. Makanya saya minta kepada Pak Menteri (PUPR Basuki Hadimuljono) untuk membuatkan rusun baru," ujar Haryono.

Ia pun berharap nantinya ada pembangunan rusun-rusun untuk lansia selanjutnya. Pasalnya, tidak hanya sebagai tempat tinggal, rusun ini juga dapat berfungsi sebagai pusat aktivitas para lansia.


Komentar
Close Ads X