Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra dan CIMB Niaga Buka Kerjasama KPR

Kompas.com - 18/04/2018, 16:58 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Modern Land melakukan kerjasama pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk. Kerjasama itu dilakukan untuk proyek perumahan skala kota Asya seluas 70 hektar di Jakarta Timur.

Kerjasama dilakukan oleh Presiden Direktur PT Astra Modern Land Wibowo Muljono dan Direktur PT Astra Modern Land Panji Nurfirman bersama Novlia Dwi Astine selaku Mortgage Business Development Head dan Johanes Janer Saragih selaku Mortgage Business Head Jakarta Region PT Bank CIMB Niaga Tbk.

"Ini (kerjasama) untuk memenuhi permintaan konsumen yang sebagian besar memilih cara angsuran KPR lewat bank. Sebagian besar konsumen memang ingin pakai KPR, apalagi yang ingin mendapat cicilan rumah jangka panjang," ujar Presiden Direktur PT Astra Modern Land Wibowo Muljono, usai menandatangani kerjasama, Selasa (17/4/2018).

Selain rumah, lanjut Wibowo, proyek Asya juga bakal merangkum kondominium, vila, area komersial, serta ruang terbuka publik. Perumahan skala kota ini nantinya juga dilengkapi fasilitas ruang terbuka di tepi danau seluas 2,8 hektar.

"Nilai investasi pembangunan proyek yang direncanakan sampai 15 tahun ke depan ini mencapai Rp 20 triliun," kata Wibowo.

Memasuki triwulan pertama 2018 ini Asya juga akan menawarkan klaster teranyarnya, yakni Matana. Klaster yang mengadopsi nama Matano, salah satu danau di Kalimantan, ini akan merangkum sebanyak 210 unit rumah yang terdiri dari 6 tipe, mulai tipe 7 (7x14m) sampai tipe 12 corner deluxe (12x17m). Harga yang ditawarkan untuk klaster ini mulai Rp2,5 miliar.

"Tapi, untuk tahap pertama hanya akan dipasarkan 93 unit," papar Wibowo.

Mortgage Business Development Head PT Bank CIMB Niaga Tbk, Novlia Dwi Astine, menimpali bahwa kerjasama ini dilakukan karena reputasi yang baik pada bisnis properti Indonesia.Hal itu ditambah dengan profil usaha Astra Modern Land yang merupakan gabungan pengembang besar, yakni Astra International, Hongkong Land Ltd, dan Modernland Realty.

"Yang reputasinya juga baik dalam bisnis properti di sini sehingga proyeknya punya potensi untuk memperbesar penyaluran KPR," kata Novlia.

Saat ini CIMB Niaga memberikan fasilitas KPR dengan fixed to float, yakni fixed 3 tahun  (6,15 persen dengan minimal tenor 8 tahun) dan fixed 5 tahun (6,5 persen dengan minimal tenor 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com