5 Cara Cerdik Mendekorasi Apartemen Studio - Kompas.com

5 Cara Cerdik Mendekorasi Apartemen Studio

Kompas.com - 11/04/2018, 18:00 WIB
Ilustrasi ruangan kecil.Apartementtherappy.com Ilustrasi ruangan kecil.

KOMPAS.com – Terkadang, tanpa disadari hal yang paling sulit mendekorasi sebuah ruangan berukuran kecil justru memperbesar kekurangan yang ada.

Seperti mendekorasi apartemen berukuran studio yang tentunya memiliki ukuran ruangan yang cukup terbatas.

Sebenarnya, mendekorasi ruangan kecil membutuhkan sedikit trik khusus. Kompas.com merangkum cara cerdik mendekorasi ruangan kecil dari Apartementtherapy.

Berikut kelima triknya:

1. Atur jendela sebaik mungkin

Kita tentu pernah mengkhayal sebuah pemandangan yang indah dari balik jendela rumah. Entah itu pemandangan alam atau sekadar pekarangan.

Tetapi di dunia nyata, seperti apartemen, anda perlu mengatur sebaik mungkin apa yang ada di dalamnya.

Hal ini untuk meminimalisasi pergunjingan tetangga yang melihat kondisi interior rumah Anda dari luar.

Ilustrasi jendela kamarhouzz Ilustrasi jendela kamar
Salah satu cara yang paling mudah yaitu membatasi penglihatan orang dari luar, dengan menggunakan tirai minimalis.

Anda bisa memilih trim atau vitras untuk menutup jendela tersebut. Penggunaan salah satu dari keduanya, selain untuk menutupi penglihatan orang dari luar, juga bisa digunakan mempercantik ruangan dan membatasi cahaya masuk.

2. Pilih furnitur yang tidak terlalu menyentuh lantai

Bukan berarti Anda harus membeli furnitur yang benar-benar melayang di atas permukaan lantai. Tapi paling tidak belilah furnitur yang masih menyisakan ruang di bawah kaki-kakinya.

Misalnya, jangan beli sofa yang tidak memiliki kaki-kaki di bawahnya. Penggunaan furnitur semacam ini cukup bagus untuk memberikan kesan ilusi ruangan ekstra.

3. Simpan buku pada rak dinding

Bila Anda gemar membaca, maka jangan membeli rak yang benar-benar menempel di lantai. Pilihlah rak yang menempel di dinding.

Tidak ingin rak-rak buku Anda mendominasi ruangan? Anda bisa membuat rak-rak sendiri sepanjang tembok di sisi tangga.Houzz.com Tidak ingin rak-rak buku Anda mendominasi ruangan? Anda bisa membuat rak-rak sendiri sepanjang tembok di sisi tangga.
Penggunaan rak dinding sudah dapat dipastikan akan menghemat pemanfaatan ruang yang ada untuk dimanfaatkan sebagai tempat furnitur lain.

4. Pilih karpet yang cukup besar

Karpet yang terlalu kecil akan menambah kesan bila ruangan yang anda miliki sempit. Namun, jangan pula membeli karpet yang terlalu besar, karena bisa jadi justru yang Anda miliki tidak bisa dipajang.

5. Karya seni yang cukup besar

Sama halnya seperti karpet, karya seni seperti lukisan yang tidak cukup besar bisa membuat ruangan kecil terasa kecil.

Ilustrasi lukisan karya Affandi Minum Tuak yang akan dilelang Balai Lelang Christies di Asian 20th Century Art Sale, Hong Kong, pada 26 November 2017.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Ilustrasi lukisan karya Affandi Minum Tuak yang akan dilelang Balai Lelang Christies di Asian 20th Century Art Sale, Hong Kong, pada 26 November 2017.
Bila Anda ingin memasang lukisan, maka pilihlah lukisan yang ukurannya juga cukup besar.

Soal besar kecilnya ukuran lukisan sebenarnya hanya masalah proporsi dan rasa. Anda tentu bisa merasakan apakah lukisandi dinding cukup besar atau tidak, membuat ruangan terasa sempit atau tidak.



Close Ads X