Kompas.com - 09/04/2018, 12:00 WIB
Sabo Dam Kali Woro Kementerian PUPRSabo Dam Kali Woro

JAKARTA, KOMPAS.com – Sabo Dam Kali Woro di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang proses rehabilitasinya sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu, ditargetkan rampung November 2018.

Kehadiran Sabo Dam ini dinilai penting guna menahan laju aliran banjir lahar Gunung Merapi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, salah satu fungsi sabo dam yaitu menahan aliran batu-batuan dan pasir. Hal ini diperlukan agar risiko bencana di daerah hilir sungai dikurangi.

“Kalau bendungan menahan air, sementara Sabo Dam menahan pasir dan batu sementara airnya tetap bisa lewat. Sabo Dam Kali Woro ditargetkan bisa diresmikan November tahun 2108,” tutur Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (9/4/2018).

Sabo Dam Kali WoroKementerian PUPR Sabo Dam Kali Woro
Pada 2014, sabo dam ini berhasil mengurangi kecepatan banjir lahar dingin Gunung Merapi dan menahan material vulkanik tidak sampai ke daerah hilir sungai. Akibat peristiwa itu, sabo dam perlu direhabilitasi dan direkonstruksi agar dapat berfungsi dengan baik.

Setidaknya, ada 26 sabo dam yang dibangun secara bertingkat dengan ukuran berbeda-beda. Ukuran terbesar berada di atas guna menahan laju bebatuan besar. Sementara yang paling kecil untuk menahan pasir.

Dalam kondisi aman, sabo dam juga difungsikan sebagai jembatan penghubung antar desa.

Dibutuhkan anggaran sekitar Rp 329 miliar melalui kontrak tahun jamak antara 2016-2018.

Dengan selesainya Sabo Dam Kali Woro maka aliran lahar Gunung Merapi bisa dicegah untuk tidak sampai merusak pemukiman warga dan jalan nasional Yogyakarta-Solo yang bisa memutus konektivas antar wilayah.

Sabo Dam Kali WoroKementerian PUPR Sabo Dam Kali Woro

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.