Perancis Bakal Punya "Hutan Tropis" 2 Hektar - Kompas.com

Perancis Bakal Punya "Hutan Tropis" 2 Hektar

Kompas.com - 06/04/2018, 15:00 WIB
TropicaliaArchitectural Digest Tropicalia

KOMPAS.com - Dengan nama seperti Tropicalia dan berbagai flora dan fauna eksotis, Anda pasti menebak bahwa biofilm besar yang saat ini sedang dirancang oleh Coldefy & Associés terletak di suatu tempat di dekat khatulistiwa.

Namun ternyata, struktur tersebut akan segera membawa versi simulasi dari iklim yang lebih hangat ke Perancis utara.

Diatur untuk menempati lahan seluas 2 hektar, Tropicalia akan menjadi oase yang unik dan imersif yang terletak di Rang-du-Fliers.

Pengunjung dapat berjalan di trotoar sepanjang lebih dari 1 kilometer, berkelok-kelok melalui lingkungan yang akan menjadi tuan rumah bagi puluhan hewan, pohon, dan spesies bunga.

Cocok untuk pelestarian alam yang begitu besar, elemen desain Tropicalia akan berfungsi sebagai model pembangunan yang berkesinambungan dan minimalis.

Kubah ganda memungkinkan ruang menghasilkan energi secara mandiri dan mengandalkan efek rumah kaca untuk mengatur suhu konstan 27 derajat Celcius.

Tidak adanya tiang bantalan dan dinding hijau di sekeliling perimeter memastikan bahwa pengunjung memiliki garis pandang yang sangat baik di seluruh struktur.

Sebagian dibangun ke bukit, jejak kubah diatur untuk menyesuaikan kontur lanskap sekitarnya sehingga dapat berbaur.

Sebagai bagian dari upaya pembangunan kembali yang lebih luas di wilayah Côte d'Opale di Prancis, area di sekitar rumah kaca Tropicalia akan mencakup toko-toko dan restoran, serta ruang yang didedikasikan khusus untuk studi ilmiah.

Pembangunannya dijadwalkan akan dimulai pada paruh pertama 2019, dengan tanggal pembukaan yang direncanakan pada 2021 mendatang.



Close Ads X