Kompas.com - 31/03/2018, 22:51 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang akan menjadi tren di sektor properti lepas kuartal perdana tahun 2018?

Menurut Savills Indonesia, rukan modern. Rukan atau rumah kantor sejatinya sudah eksis sejak medio 1990-an. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis properti ini kemudian mengalami perubahan revolusional pada 2010 ke belakang. Rukan tak lagi dianggap sebagai rumah toko yang dikombinasikan dengan fungsi pergudangan dan ritel, melainkan perkantoran.

Desainnya pun dirancang lebih serius dengan titik berat fasad yang atraktif, estetis, dan tentu saja dilengkapi lift. Beberapa rukan bahkan dilengkapi perangkat teknologi canggih yang mendukung aktivitas perkantoran.

Head of Research Savills Indonesia Antos Sitorus menuturkan, di pinggiran Jakarta, perkembangan rukan modern lebih populer ketimbang perkantoran yang dijual secara strata

Hal ini karena rukan menawarkan kepemilikan penuh dan jelas dari seluruh bangunan (en bloc), menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dan kebebasan penggunaan sesuai izin.

"Selain itu, rukan juga populer untuk bisnis baik yang dijalankan secara kekeluarga, maupun profesional macam investor. Rukan juga menawarkan eksposur dan visibilitas yang lebih besar, faktor yang penting untuk perusahaan yang berasal dari industri perbankan dan perdagangan," terang Anton.

Rukan juga telah lama dianggap sebagai jaminan yang lebih kuat untuk pembiayaan dan pinjaman perbankan karena status hak guna bangunan (HGB)-nya.

Dalam catatan Savills Indonesia, terdapat 500.000 meter persegi rukan di pinggiran Jakarta yang dikembangkan sejak 2015.

Termasuk di antaranya adalah Signature Office Tower PIK, Cengkareng Business City, Duta Indah Iconic Office, Foresta Business Loft, Landmark Pluit, dan Altira Business Park.

Ke depan, menurut Anton, rukan bisa menjadi instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat pengembalian lebih cepat dan menarik.

Rukan juga bisa menjadi alternatif bagi investor atau perusahaan rintisan yang baru memasuki bisnis perkantoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.