Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Bogor, Kalindo Optimistis Tembus Target di Tahun Politik

Kompas.com - 26/03/2018, 22:13 WIB
M Latief

Editor

Villa Bogor Indah yang dikembangkan PT Semangat Panca Bersaudara, anak usaha Kalindo Land,ini sudah masuk pengembangan tahap keenam dan menawarkan rumah dua lantai mulai Rp 700 jutaan.

TahunDok Kalindo Land Villa Bogor Indah yang dikembangkan PT Semangat Panca Bersaudara, anak usaha Kalindo Land,ini sudah masuk pengembangan tahap keenam dan menawarkan rumah dua lantai mulai Rp 700 jutaan. Tahun
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketimbang melakukan banyak ekspansi, developer malah mengambil sikap konservatif dalam target penjualan tahun ini. Tensi politik yang panas jelang Pemilu Kepala Daerah, Legislatif dan Presiden akan berdampak kepada sektor bisnis.

Hal itulah yang ditunjukkan Kalindo Land dengantetap optimistis pada penjualan produk propertinya bisa tumbuh 15 persen sampai 20 persen. Kalindo masih yakin dengan makin membaiknya kepercayaan pasar, dukungan perbankan terutama stabilnya suku bunga rendah KPR dan beroperasinya sejumlah proyek infrastruktur di 2018 ini.

"Masyarakat sudah dewasa dan tak gampang terprovokasi oleh hoak yang biasanya marak menjelang Pemilu. Kami juga berharap partai politik bisa memakai cara-cara bersahabat untuk meraih simpati masyarakat," ujar Sentot Sudaryono Direktur Marketing Kalindo Land, Senin, (26/3/2018).

Sentot mengaku pasar properti di 2018 ini lebh baik dibanding tahun lalu, terutama dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi tumbuh sekitar 5,3 persen. Hal itu ditambah dengan dukungan infrastruktur jalan yang semakin terkoneksi.

"Kami yakin target sales sebesar Rp600 miliar bisa tercapai. Beberapa proyek berdampak positif langsung dengan pembangunan jalan tol, Light Rail Transit (LRT) dan Jakarta Residence Connection (JRC)," ucapnya.

Sebagian besar proyek Kalindo yang membidik segmen menengah bawah tersebar di beberapa tempat, di antaranya Bekasi Timur Regency, Grand Nusa Indah (Cileungsi), Permata Nusa Indah (Bogor), Vila Bogor Indah Permata Tangerang, Taman Krakatau (Cilegon), dan Griya Permata Asri (Serang), dan beberapa lainnya.

"Tahun ini kami optimistis mencapai penjualan minimal Rp600 miliar. Di triwulan pertama ini kami mencapai target 25 persen. Tahun lalu kami bisa melampaui target penjualan Rp500 miliar," tambah Sentot.

Sementara itu, Cecep Prayitno Manager Marketing Kalindo Land menyampaikan bahwa proyek Kalindo Land di Bogor tahun ini diharapkan memberi kontribusi besar dalam penjualan rumah dan ruko. Kawasan ini memiliki pertumbuhan penduduk padat sehingga potensi pasarnya masih sangat menjanjikan.

Cecep mencatat beberapa proyek Kalindo di Bogor terbilang sukses di pasaran. Salah satunya adalah Villa Bogor Indah yang dikembangkan PT Semangat Panca Bersaudara (anak usaha Kalindo. Proyek tersebut saat ini masuk pengembangan tahap keenam dan menawarkan rumah dua lantai mulai Rp 700 jutaan.

"Tahun lalu Villa Bogor Indah juga memenuhi target dengan total penjualan Rp 60 miliar. Tahun ini kami juga berharap tumbuh sekitar 15 persen, apalagi tahun ini akan di pasarkan beberapa klaster dan tipe baru," kata Cecep.

Lokasi proyek perumahan tersebut ada di Jalan Raya Karadenan, Cibinong. Perumahan dengan total luas lahan sekitar 20 hektar ini dikembangkan sejak 2015 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com