Kompas.com - 20/03/2018, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk kembali meminta maaf atas insiden kecelakaan kerja yang terjadi pada proyek mereka.

Terbaru, sebuah besi jatuh pada proyek Rumah Susun Pasar Rumput di Jakarta yang mengakibatkan seorang perempuan meninggal dunia, Minggu (18/3/2018).

Baca juga : Kecelakaan Kerja Lagi, Waskita Dipanggil Kementerian PUPR

Belum genap sebulan, sejak bekisting pierhead proyek Tol Becakayu yang juga digarap perusahaan yang sama jatuh pada 20 Februari lalu.

Atas peristiwa itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melayangkan rekomendasi kepada Kementerian BUMN untuk menjatuhkan sanksi kepada Waskita.

Dalam rekomendasinya, Kementerian PUPR mengusulkan agar direksi Waskita dirombak akibat serangkaian kasus kecelakaan kerja yang terjadi.

Sebelum peristiwa ambruknya bekisting pierhead, enam insiden lain terjadi pada proyek yang digarap Waskita dalam enam bulan terakhir.

Lantas, untuk kasus Rusun Pasar Rumput yang memakan korban jiwa, rekomendasi sanksi apa lagi yang akan diberikan Kementerian PUPR?

“Ya nanti saya lihat laporannya dulu. Kan belum ada laporan. Makanya tadi Pak Danis ini dia anggota Komite (Keselamatan Konstruksi), Jumat (23/3/2018) akan ketemu (Waskita) lagi. Hari Jumat laporan ke saya,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di kantornya, Selasa (20/3/2018).

Basuki menuturkan proyek Rusun Pasar Rumput merupakan proyek kerja sama antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kerja sama itu dilakukan lantaran adanya program kerja dari Pemprov DKI sebelumnya.

“Kita bantu join,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.