Ubah Tampilan Rumah Tanpa Menguras Biaya - Kompas.com

Ubah Tampilan Rumah Tanpa Menguras Biaya

Kompas.com - 18/03/2018, 20:00 WIB
Ruang keluarga di salah unit luxury villa Leisure Farm, Iskandar, Johor Bahru, Malaysia.Hilda B Alexander/Kompas.com Ruang keluarga di salah unit luxury villa Leisure Farm, Iskandar, Johor Bahru, Malaysia.

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah merasa bosan dengan tampilan rumah yang itu-itu saja, sementara niat mengubahnya sering terkendala biaya. Lantas, apakah berarti harus menunggu sampai dana yang dibutuhkan mencukupi?

Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Beragam cara bisa dilakukan untuk mempercantik rumah agar terlihat baru, bahkan dengan biaya relatif lebih terjangkau.

Selain dengan mengecat rumah, cara-cara berikut dapat dipertimbangkan:

Sofa dan kursi

Sarung kursi atau sofa dapat dihias sedemikian rupa antara lain dengan menyampirkan kain panjang di bagian atas.

Kejelian memadukan warna dan posisi kain dengan ruangan, bukan cuma mengubah tampilan menjadi baru, tetapi juga menghadirkan kesan anggun sekaligus romantis.

Umumnya, kain tersebut disampirkan dari bagian sudut ke arah tengah dan dibiarkan sedikit menjuntai di lantai. Namun, tidak tertutup kemungkinan bila kain ini disampirkan dengan cara lain.

Seekor anjing bersantai di atas karpet.Goodhousekeeping Seekor anjing bersantai di atas karpet.
Cobalah berkreasi dan menemukan bentuk yang sempurna sesuai dekorasi dan kebutuhan ruang.

Karpet

Memasang atau mengganti karpet bisa jadi pilihan untuk "menyulap" ruangan. Anda bisa menggunakan karpet bercorak segar, tetapi masih selaras dengan tema ruangan.

Meski sepele, hal ini dapat memberi nuansa baru dalam sebuah ruangan sehingga tidak berkesan monoton.

Dinding

Cobalah memberi aksen baru pada ruangan dengan mengecat satu bidang dinding dan menggunakan warna yang kontras.

Ilustrasidreamstime Ilustrasi
Dinding tersebut bisa menjadi focal point baru dan mengubah tampilan ruang tanpa harus mengubah atau mengganti aksesori serta elemen dekorasi lainnya.

Agar tampilan ruangan tetap apik, hal ini bisa disiasati dengan menyelaraskan warna dengan corak furnitur.

Rak

Cara lain mewujudkan tampilan ruangan baru bisa dengan membuat kreasi pada rak. Kedua sisi dicat menggunakan warna berbeda.

Pisahkan dua ruangan dengan menggunakan rak buku yang tidak terlalu tinggi sampai ke langit-langit.www.greenstylegallery.com/ Pisahkan dua ruangan dengan menggunakan rak buku yang tidak terlalu tinggi sampai ke langit-langit.
Ruang luar dan bagian frame bisa menggunakan warna lebih tua, sementara rak bagian dalam dicat dengan warna yang lebih terang atau sebaliknya, tergantung selera.

Selain terlihat unik, barang-barang yang dipajang di rak tersebut juga akan terlihat semakin menonjol. Tanpa disadari, nuansa yang didapat dari ruangan tersebut pun akan berbeda dari sebelumnya.


Komentar
Close Ads X