Dalam 2 Tahun, Harga Kavling Reklamasi CitraLand Losari Naik Tajam

Kompas.com - 17/03/2018, 07:07 WIB
Master plan CitraLand City Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. dokumentasi Ciputra SuryaMaster plan CitraLand City Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Belum lagi dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai area pembangunan kawasan terpadu, lahan reklamasi proyek raksasa CitraLand City Losari melambung tajam hanya dalam kurun dua tahun.

Sejak dilansir tak resmi pada medio 2015 lalu, lahan reklamasi garapan joint operation (JO) Ciputra Group dan PT Yasmin Bumi Asri (Ciputra-Yasmin) tersebut mengalami perubahan harga dari sebelumnya Rp 9 juta per meter persegi menjadi Rp 15 juta per meter persegi.

Managing Director Ciputra Group Harun Hajadi menuturkan, harga kavling kanal akan lebih tinggi jika seluruh area reklamasi CitraLand City Losari rampung dibangun yang dijadwalkan pada Oktober 2018.

Baca juga : Garuda Raksasa di Kawasan Timur Indonesia

"Kavling kanal paling mahal karena kedalamannya bisa sampai 10 atau 15 meter. Dan pemandangannya pun langsung ke laut atau sea view," kata Harun kepada Kompas.com, Jumat (17/3/2018).

Perubahan harga yang mencapai 66 persen tersebut dimungkinkan seiring progres pengembangan lahan reklamasi tahap pertama Center Point of Indonesia yang sudah selesai 100 persen.

Sementara, proses pemadatan lahan dengan teknologi reklamasi modern sudah berada pada posisi fisik 75 persen.

CitraLand City Losari sendiri merupakan bagian dari pengembangan Center Point of Indonesia dengan luas total 157, 23 hektar. 

Seluas 50 hektar dari proyek dengan rancangan induk (master plan) yang mengadopsi simbol Garuda Raksasa akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Selatan.

"Dengan masa settlement satu tahun, kami pastikan pembangunan properti di atasnya bisa dimulai pada 2019 mendatang," kata Harun.

Master plan CitraLand City Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.dokumentasi Ciputra Surya Master plan CitraLand City Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk membangun lahan reklamasi, Ciputra-Yasmin menggandeng Boskalis International dengan nilai kontrak keseluruhan Rp 3,5 triliun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X