Milenial Tinggal Bawa Diri, Rusunawa Ini Siap Dihuni - Kompas.com

Milenial Tinggal Bawa Diri, Rusunawa Ini Siap Dihuni

Kompas.com - 11/03/2018, 22:00 WIB
Rumah susun sewa (rusunawa) untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, di Bali.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Rumah susun sewa (rusunawa) untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, di Bali.

DENPASAR, KOMPAS.com - Tak perlu gengsi atau risih tinggal di rumah susun sewa (rusunawa). Hunian vertikal sewa sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau para korban gusuran akibat pembangunan di perkotaan. 

Anda yang masuk kategori generasi milenial atau kalangan usia produktif 25-35 tahun, bisa juga menyewa rusunawa ini tanpa perlu direpotkan dengan mengisi perlengkapan interior.

Baru-baru ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus menambah pasokan unit hunian bagi kedua kalangan ini.

Mekanismenya, pemerintah daerah (pemda) menyediakan lahan dan mengajukan usulan pembangunan rusun kepada Kementerian PUPR.

Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid menuturkan, MBR dan generasi milenial bisa memilih tipe studio. Sementara bila sudah berkeluarga bisa memiliki tipe 36.

Interior rumah susun sewa (rusunawa) di Bali.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Interior rumah susun sewa (rusunawa) di Bali.
"Harga sewanya relatif terjangkau dengan kualitas cukup baik. Nanti bila penghasilan semakin meningkat bisa mengangsur membeli apartemen atau rumah tapak,” kata Khalawi usai Peresmian Rusunawa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di Denpasar, Bali, Sabtu (10/3/2018).

Dirancang 3 lantai dan mencakup 47 unit, rusunawa ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti sambungan listrik dan sarana air bersih, tempat parkir dan Prasarana dan Sarana Umum (PSU).

Interior rusunawa ini dirancang macam apartemen-apartemen yang ada di ibu kota Jakarta. Untuk tipe 36 meter persegi, berisi dua kamar tidur.

Ruang makan di dalam unit rumah susun sewa (rusunawa) di Bali.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Ruang makan di dalam unit rumah susun sewa (rusunawa) di Bali.
Selain itu, terdapat pula ruang makan yang menyatu dengan dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi dengan sanitari cukup baik.

Yang menarik, calon penyewa tak perlu direpotkan membawa perabot rumah tangga untuk tinggal di rusunawa ini.

Semua sudah tersedia, termasuk tempat tidur, satu set meja makan, lemari, sink untuk mencuci piring, dan sofa di ruang keluarga.

Hal serupa bisa ditemukan di unit rusunawa tipe studio. Bedanya, tipe kecil ini hanya berisi satu kamar tidur.

Mebeulair di dalam unit rumah susun sewa (rusunawa) Bali.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Mebeulair di dalam unit rumah susun sewa (rusunawa) Bali.

 



Close Ads X