Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modernland dan Waskita Resmi Bikin Perusahaan Patungan

Kompas.com - 09/03/2018, 23:22 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Modernland Realty Tbk resmi membentuk perusahaan patungan (joint venture) dengan PT Waskita Karya Realty, anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Dengan komposisi saham 40:60, perusahaan patungan itu dinamai dengan PT Waskita Modern Realty.

pembentukan perusahaan patungan tersebut dilakukan di Jakarta, Rabu (7/3/2018) lalu. Selanjutnya perusahaan patungan tersebut akan membeli tanah dari Modernland Realty kurang lebih seluas 350 hektar di kawasan Bekasi dengan nilai pembelian kurang lebih Rp1,1 Triliun.

Direktur PT Modernland Realty Tbk., Cuncun Wijaya mengatakan parusahaan patungan tersebut akan mengembangkan kota mandiri berkonsep Toll Road City (TRC) yang akan terintegrasi dengan tol Tanjung Priok-Cibitung dan dilengkapi berbagai fasilitas transportasi dan sarana pendukung lainnya.

Proyek tersebut akan merangkum berbagai konsep pengembangan produk, mulai dari rumah tapak, superblok, apartemen, area komersial, fasilitas pendidikan serta rumah sakit.

"Proyek ini membidik seluruh segmen pasar mulai kelas menengah bawah hingga kelas atas. Saat ini progres pembangunan proyek tersebut masih dalam tahap pematangan konsep," ujar Cuncun, Jumat (9/3/2018).

Modernland Realty, lanjut Cuncun, sebenarnya sejak lama melihat peluang cukup besar untuk kawasan Bekasi, terutama sebagai kawasan hunian potensial. Selain posisinya strategis, Bekasi juga dilengkapi berbagai fasilitas transportasi sehingga sangat membantu mobilitas masyarakat untuk menuju Jakarta serta daerah sekitarnya, serta sebaliknya.

Vice President Director PT Modernland Realty Tbk LH. Freddy Chan, kondisi itulah yang membuat Modernland Realty memilih berekspansi ke kawasan Bekasi. Terlebih, lanjut Freddy, tren pengembangan pasar properti saat ini mulai mengarah ke arah luar Jakarta dan menuju ke Bekasi.

"Permintaannya juga cukup tinggi, dan ukuran luas kawasan pengembangan di sini (Bekasi) tergolong cukup besar untuk pengembangan berkesinambungan," ujar Freddy.

Sebelumnya, tahun lalu kerjasama dengan skema patungan juga sudah dilakukan PT Modernland Realty Tbk. Parusahaan patungan itu dibangun melalui anak usahanya, PT Mitra Sindo Makmur, dengan PT Astra Land Indonesia, dan HongKong Land Ltd.

Kolaborasi tersebut membentuk perusahaan patungan bernama Astra Modern Land yang mengakuisisi dan mengembangkan lahan perumahan skala kota (township). Seluas sekitar 70 hektar, proyek tersebut dibangun di kawasan Jakarta Garden City, Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com