Catat, Jadwal Bus Saat Kebijakan Ganjil Genap Berlaku di GT Bekasi

Kompas.com - 09/03/2018, 13:35 WIB
Gerbang Tol Bekasi Barat. Kompas.com / Dani PrabowoGerbang Tol Bekasi Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menyediakan bus premium, sebagai sarana transportasi pengganti bagi pemilik kendaraan pribadi yang terkena imbas pembatasan pelat nomor kendaraan.

Kebijakan tersebut mulai diterapkan di Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur dan Bekasi Barat mulai 12 Maret. Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang diperkirakan mencapai 70 persen dari total kendaraan yang melintas setiap harinya.

Untuk saat ini, baru 48 unit bus premium yang disediakan. Namun, bila minat masyarakat cukup tinggi untuk beralih menggunakan bus, tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan ditambah.

“Bahwa kebijakan ini menunjukan kepedulian pemerintah terhadap situasi kondisi lalu lintas di Jabodetabek. Pemerintah perlu hadir dalam waktu sesingkat-singkatnya karena kondisinya sudah gawat darurat,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Dari 48 armada yang disediakan, 23 diantaranya berada di Bekasi Timur yang berangkat dari Bekasi Trade Center dan LRT City Grand Dhika. Sementara, 25 lainnya berada di Bekasi Barat yang akan diberangkatkan dari Summarecon dan Mega City.

Kebijakan ganjil genap sendiri hanya akan berlangsung dari Senin hingga Jumat. Itu pun hanya berlaku dari pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Berdasarkan datan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, jumlah kendaraan yang melintas dari kedua GT pada jam tersebut mencapai 8.000 kendaraan.

Nantinya, para pengguna bus premium akan dibebani ongkos Rp 20.000 dalam satu kali trip perjalanan. Sementara, kendaraan mereka dapat dititipkan di pusat perbelanjaan dengan tarif flat Rp 10.000/hari.

Berikut jadwal keberangkatan bus premium:

Pemberangkatan dari Summarecon 

1. Tujuan Plaza Senayan

Halaman Selanjutnya


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X