Kompas.com - 08/03/2018, 13:30 WIB
Proyek pengerjaan Tol Becakayu di Jalan Inspeksi Kalimalang. Dampaknya ruas jalan menjadi menyempit dan menyebabkan macet. Selasa (21/6/2016) Kompas.com/Robertus BelarminusProyek pengerjaan Tol Becakayu di Jalan Inspeksi Kalimalang. Dampaknya ruas jalan menjadi menyempit dan menyebabkan macet. Selasa (21/6/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan kendaraan pribadi yang akan mengakses Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur dan Bekasi Barat, diprediksi meningkatkan arus kendaraan di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur. 

Hal itu terjadi bila pengguna kendaraan pribadi enggan menggunakan kendaraan umum dan memilih jalan nasional sebagai jalur pengganti jalan tol.

Direktur Preservasi Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahardian mengatakan, peningkatan arus kendaraan yang masuk ke jalan nasional diperkirakan dapat mencapai hingga 40 persen dari volume kendaraan normal.

“Karena itu kami imbau agar ada perpindahan dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum karena akan ada kenaikan signifikan,” kata Hedy di Kantor Jasa Marga, Kamis (8/3/2018).

Sejauh ini Kementerian Perhubungan berencana menyediakan 48 unit bus premium yang dapat digunakan masyarakat yang ingin berganti moda transportasi. Sebanyak 23 bus di antaranya berada di Bekasi Timur, 25 sisanya berada di Bekasi Barat. 

Namun, bila minat masyarakat cujup besar untuk menggunakannya, tidak menutup kemungkinan jumlah armada yang ada akan ditambah. Adapun tarif yang dikenakan untuk sekali perjalanan sebesar Rp 20.000.

Sementara itu, guna mengantisipasi kemacetan imbas kenaikan volume kendaraan di jalan arteri, jumlah personel kepolisian akan ditambah 150 orang yang merupakan perbantuan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Timur dan Polres Bekasi Kota.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.