Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kebijakan Ganjil Genap, Siap-siap Jalan Kalimalang Padat Merayap

Kompas.com - 08/03/2018, 13:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan kendaraan pribadi yang akan mengakses Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur dan Bekasi Barat, diprediksi meningkatkan arus kendaraan di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur. 

Hal itu terjadi bila pengguna kendaraan pribadi enggan menggunakan kendaraan umum dan memilih jalan nasional sebagai jalur pengganti jalan tol.

Direktur Preservasi Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahardian mengatakan, peningkatan arus kendaraan yang masuk ke jalan nasional diperkirakan dapat mencapai hingga 40 persen dari volume kendaraan normal.

“Karena itu kami imbau agar ada perpindahan dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum karena akan ada kenaikan signifikan,” kata Hedy di Kantor Jasa Marga, Kamis (8/3/2018).

Sejauh ini Kementerian Perhubungan berencana menyediakan 48 unit bus premium yang dapat digunakan masyarakat yang ingin berganti moda transportasi. Sebanyak 23 bus di antaranya berada di Bekasi Timur, 25 sisanya berada di Bekasi Barat. 

Namun, bila minat masyarakat cujup besar untuk menggunakannya, tidak menutup kemungkinan jumlah armada yang ada akan ditambah. Adapun tarif yang dikenakan untuk sekali perjalanan sebesar Rp 20.000.

Sementara itu, guna mengantisipasi kemacetan imbas kenaikan volume kendaraan di jalan arteri, jumlah personel kepolisian akan ditambah 150 orang yang merupakan perbantuan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Timur dan Polres Bekasi Kota.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com