Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Merasakan Macet, Pemudik Sudah Bisa Lewat Tol Solo-Ngawi

Kompas.com - 08/03/2018, 08:46 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Ngawi akan dibuka pada musim lebaran 2018. Sebagian dari ruas tol tersebut akan dibuka fungsional, namun sebagian lainnya akan beroperasi penuh.

Jalan tol yang memiliki panjang 90,25 kilometer ini dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Adapun yang menjadi porsi pemerintah yaitu pembangunan konstruksi Seksi I dan II dari Kartasura hingga Karanganyar sepanjang 20,9 kilometer.

Untuk pekerjaan kedua seksi tersebut telah rampung 100 persen.

"Kami optimis arus mudik tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Rabu (7/3/2018).

Sementara konstruksi Seksi III dan IV dari Karanganyar hingga Ngawi sepanjang 69,35 digarap dengan investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Solo Ngawi Jaya (SNJ). Saat ini, pekerjaan konstruksi untuk kedua ruas tersebut sudah mencapai 85 persen.

Pemerintah pun menargetkan ruas Kartasura-Sragen bisa beroperasi sepenuhnya pada April 2018. Sementara ruas Sragen hingga Simpang Susun Ngawi dapat dilalui secara fungsional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com