Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Akui Pekerjaan Tol Layang Jakarta-Cikampek Berat

Kompas.com - 03/03/2018, 16:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mendukung pemerintah menghentikan proyek-proyek infrastruktur yang bersifat melayang pasca insiden kecelakaan konstruksi beruntun.

Menurut dia, moratorium proyek infrastruktur tujuannya baik yaitu untuk mencegah terjadinya kegagalan konstruksi terutama pada proyek yang sulit dikerjakan.

"Moratorium itu dikeluarkan untuk memastikan apa yang sudah dikerjakan ada yang kurang atau tidak, apalagi Jasa Marga memiliki proyek yang berat seperti Jakarta-Cikampek II (Elevated)," ujar Desi pada acara ulang tahun Jasa Marga ke-40 di Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (3/3/2018).

Tantangan pekerjaan pembangunan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II karena berupa jalan layang tol yang membentang di Ruas Cikunir-Karawang Barat sepanjang 38 kilometer.

Proyek dengan perkembangan fisik 25 persen ini juga dikerjakan siang dan malam hari untuk memastikan pembangunannya cepat selesai. Desi menilai hal ini berpengaruh pada kondisi fisik pekerja.

"Pekerja yang sudah bekerja malam, esoknya harus istirahat agar tidak kelelahan dan bisa membahayakan pekerjaan," sebut Desi.

Selain itu, banyak hal yang perlu diperhatikan pada pekerjaan proyek seperti apa saja kendaraan operasional yang digunakan untuk mengangkut peralatan.

Kemudian, berapa kecepatan kendaraan yang diperbolehkan karena cepat dan lambatnya sangat berpengaruh pada alat atau material yang dibawa.

"Lalu bagaimana posisi crane-nya dan apakah kalibrasi alat sudah betul, semua itu sudah ada (aturannya) tinggal kitanya yang harus disiplin mengikuti," jelas Desi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com