Kompas.com - 03/03/2018, 09:58 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengklaim, sudah ada investor asal China yang tertarik untuk membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Bintan.

Panjang jembatan itu nantinya lebih panjang dari Jembatan Suramadu di Jawa Timur yaitu mencapai 7 kilometer. Sementara, Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dan Jawa Timur hanya sepanjang 5,4 kilometer.

Baca juga : 2020, Kota Batam Terancam Kekeringan

"Sudah ada investor dari China, yang membangun Jembatan Suramadu, untuk membangun Jembatan Batam-Bintan. Panjang 7 kilometer, nilai investasi Rp 4 triliun," kata Nurdin saat dijumpai di Batam, Jumat (2/3/2018).

Pembangunan jembatan itu sebelumnya telah mendapatkan lampu hijau dari Presiden Joko Widodo. Tak hanya proyek tersebut, Presiden juga memberikan restu bagi enam proyek strategis lain yang akan dibangun di Kepulauan Riau.

Keenamnya yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Sauh, KEK Galang Batang, KEK Pulau Asam, Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, pengembangan dan modernisasi Bandara Hang Nadim, dan Pembangunan Batam LRT (Light Rail Transit).

Nurdin memastikan, akan membantu mempercepat proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan proyek-proyek itu.

Pasalnya, keberadaan infrastruktur yang memadai dipastikan bakal mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Infrastruktur yang kami butuhkan masih banyak," sambung Nurdin.

Terkait skema kerja sama, ia menambahkan, saat ini masih dibicarakan di tingkat pusat. Hanya, ia menekankan, skema itu harus menguntungkan semua pihak.

"Masyarakat untung, investor juga untung," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.