Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Rp 600.000 Per Bulan, Mahasiswa Bisa Nikmati Rusunawa Ber-AC

Kompas.com - 02/03/2018, 21:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap rumah susun sewa (rusunawa) Batam Tourism Polytechnic (BTP) dapat memudahkan mahasiswa yang tidak memiliki tempat tinggal di Batam, Kepulauan Riau, untuk terus menuntut ilmu.

"Setidaknya mahasiswa yang tidak memiliki tempat tinggal di Batam, mereka bisa tinggal di rusunawa ini," kata Basuki saat meninjau rusunawa BTP, Jumat (2/3/2018).

Baca juga : Telan Rp 9,33 Miliar, Rusunawa Batam Tourism Polytechnic Siap Dihuni

Selain lebih dekat dengan kampus BTP dari tempat tinggalnya, rusunawa bagi mahasiswa ini juga terbilang lebih murah atau di bawah harga sewa rata-rata, yakni hanya Rp 1,2 Juta per bulan.

"Dalam satu kamar kan ditempati dua orang, sehingga per orang hanya mengeluarkan uang Rp 600.000 per bulannya," sebut Basuki.

Untuk harga sewa ini, dibandingkan dengan fasilitas yang ada, dinilai sangat membantu, karena setiap mahasiswa yang menyewa tidak perlu lagi dipusingkan masalah perlengkapan  seperti lemari, tempat tidur dan fasilitas lainnya.

Karena di kamar tersebut semua fasilitas sudah lengkap tersedia, mulai dari tempat tidur tingkat, meja belajar, kursi belajar, lemari pakaian serta pendingin ruangan atau AC.

"Bagi yang hobi nonton televisi, tinggal ditambahkan saja. Yang jelas untuk tempat tidur, meja belajar, kursi belajar dan lemari pakaian sudah ada dan masing-masing kamar dua unit," terang Basuki.

Tidak hanya itu, terdapat toilet komunal dan kamar mandi di masing-masing lantai, ruang serba guna dan ruang pengelolaan berada di lantai dasar, fasilitas listrik dan air bersih.

"Jadi tinggal bawa badan dan pakaian saja, semua sudah ada tersedia di rusunawa tersebut," tutup Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com