Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Targetkan Enam Jalan Tol Beroperasi Tahun Ini

Kompas.com - 01/03/2018, 17:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam ruas tol yang konsesinya dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk ditargetkan beroperasi pada tahun ini. Salah satu yang bakal beroperasi dalam waktu dekat yaitu Tol Ngawi-Kertosono.

Jalan tol sepanjang 87,5 kilometer ini bakal dikelola PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ). Jasa Marga pun telah menggelar Festival Jalan Tol sebagai tanda bila tol ini sudah siap untuk diresmikan.

Baca juga : Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono Yang Siap Operasi Baru 49,5 KM

"Awal Maret kami operasikan Tol Ngawi-Kertosono 49 kilometer, yang memang kewajibannya Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani di Kejaksaan Agung, Kamis (1/3/2018).

Adapun yang menjadi kewajiban Jasa Marga yaitu ruas Ngawi-Wilangan. Sementara, ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 38 kilometer menjadi pekerjaan Kementerian PUPR yang diperkirakan pekerjaannya rampung akhir tahun 2018.

Suasana jembatan Klodran di Tol Solo-Ngawi-Kertosono di Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (17/6/2017). Tujuh hari jelang Lebaran atau Senin, (19/6/2017) mulai pukul 06.00 WIB, pemudik bisa menggunakan Tol Solo-Kertosono menuju arah timur.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Suasana jembatan Klodran di Tol Solo-Ngawi-Kertosono di Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (17/6/2017). Tujuh hari jelang Lebaran atau Senin, (19/6/2017) mulai pukul 06.00 WIB, pemudik bisa menggunakan Tol Solo-Kertosono menuju arah timur.
Ruas berikutnya yaitu Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer. Jalan tol yang akan dioperasikan PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) itu dijadwalkan selesai sebulan kemudian.

Dari informasi terbaru pada akhir Januari lalu, konstruksinya sudah mencapai 87 persen, sedangkan untuk pembebasan lahan sudah 95,56 persen.

Baca juga : Konstruksi Tol Solo-Ngawi Tembus 87 Persen

"Beda waktu sedikit dengan Tol Solo-Ngawi itu Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang paling dulu diluluskan kemarin saat evaluasi sudah langsung diselesaikan. Erection terakhirnya sudah tuntas sekarang," papar Desi.

Adapun ruas yang dimaksud Desi yaitu Seksi IIB sepanjang 2,65 kilometer yang menghubungkan Kedung Badak dan Simpang Yasmin.

Baca juga : Jalan Tol BORR IIB Beroperasi Pertengahan April 2018

 

Saat ini, pekerjaan tol yang ditargetkan beroperasi pertengahan April 2018 itu pengaspalan, pemasangan rambu dan marka, PJU, CCTV dan uji kekesatan dan kerataan jalan.

Pemasangan box girder terakhir proyek Tol BORR IIB.Jasa Marga Pemasangan box girder terakhir proyek Tol BORR IIB.
Setelah itu, PT Marga Sarana Jabar selaku pengelola tol ini akan mengajukan setifikat laik operasi kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan, dan Polri pada pertengahan Maret 2018.

Tiga ruas lainya yaitu Seksi II Tol Gempol-Pasuruan, sebagian Tol Pandaan-Malang dan Tol Semarang-Batang.

Dikutip dari laman resmi PT Trans Marga Jatim (TMJ), progres konstruksi Seksi II Tol Gempol-Pasuruan ruas Rembang-Pasuruan sudah mencapai 76,69 persen per 18 Februari. Adapun untuk pembebasan lahan mencapai 95,33 persen.

Baca juga : Hampir Rampung, Pembebasan Lahan Tol Pandaan-Malang 80,6 Persen

Sementara, untuk Tol Pandaan-Malang saat ini progres konstruksinya baru mencapai 42 persen berdasarkan datan per pertengahan Januari lalu.

Gambar progres pengerjaan Tol Pandaan-Malang.KOMPAS.com/Achmad Faizal Gambar progres pengerjaan Tol Pandaan-Malang.
Jalan tol yang dirancang sepanjang 38,4 kilometer itu ditargetkan beroperasi akhir tahun ini oleh PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM).

Terakhir, untuk Tol Semarang-Batang pembangunan fisiknya sudah mencapai 65,73 persen dan pengadaan tanah sudah mencapai 98 persen, per awal Februari 2018. Jalan tol sepanjang 75 kilometer ini akan dioperasikan PT Jasamarga Semarang Batang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com