Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol BORR IIB Beroperasi Pertengahan April 2018

Kompas.com - 28/02/2018, 19:30 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Marga Sarana Jabar (MSJ), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., yang mengelola proyek Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) telah menyelesaikan pengangkatan box girder terakhir.

Dengan dipasangnya box girder terakhir tersebut, konstruksi layang (elevated) antara Kedung Badak dan Simpang Yasmin (Seksi IIB) sepanjang 2,65 kilometer sudah tuntas tersambung.

Baca juga : BORR Jadi Proyek Tol Pertama Lolos Evaluasi Pascamoratorium

Target jadwal pemasangan box girder yang semula diproyeksikan rampung pada Juni 2018, telah dipercepat sehingga dapat diselesaikan pada Maret 2018.

"Rencananya, Jalan Tol BORR Seksi IIB siap dioperasikan penuh pada pertengahan April 2018," ujar Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar Hendro Atmodjo melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/2/2018).

Pekerjaan Tol BORR II B memasuki pemasangan box girder terakhir.Jasa Marga Pekerjaan Tol BORR II B memasuki pemasangan box girder terakhir.
Jadwal pemasangan box girder tersebut tidak terdampak oleh moratorium dari Kementerian PUPR, karena PT MSJ telah mendapatkan izin atau lulus audit yang pertama dari Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan.

Dengan demikian, proyek tersebut diizinkan kembali beroperasi setelah berhenti hanya empat hari.

Sebagai kelengkapan sertifikasi laik fungsi, proyek tersebut akan dilakukan uji beban maksimum, yang akan dilakukan oleh Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan, pada Kamis, 1 Maret 2018.

Pekerjaan Tol BORR II B diizinkan kembali beroperasi setelah berhenti hanya empat hari, pasaca moratorium.Jasa Marga Pekerjaan Tol BORR II B diizinkan kembali beroperasi setelah berhenti hanya empat hari, pasaca moratorium.
Pengecekan tersebut dilakukan guna memastikan kekuatan konstruksi, kelayakan fungsi konstruksi elevated, serta memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa jalan layang ini laik fungsi saat beroperasi.

Setelah melakukan pengaspalan, perambuan, marka, PJU, pemasangan CCTV, serta uji kekesatan dan kerataan jalan, maka pada pertengahan Maret 2018, PT MSJ akan mengajukan setifikat laik operasi kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan, dan Polri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com