1.000 Kamar Khusus Disabilitas Disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran

Kompas.com - 26/02/2018, 21:00 WIB
Wisma Atlet Kemayoran Kompas.com / Dani PrabowoWisma Atlet Kemayoran

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah rampung pembangunannya, 1.000 unit Wisma Atlet Kemayoran dipastikan akan dirombak dalam waktu dekat. Perombakan tersebut dilakukan untuk mengakomodasi atlet disabilitas.

Wisma Atlet Kemayoran sedianya diperuntukkan guna mendukung perhelatan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Namun selain itu, keberadaannya juga akan digunakan sebagai tempat tinggal atlet yang mengikuti Indonesia Para Games 2018 pada November mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Setelah Asian Games, Wisma Atlet Kemayoran Jadi Rusunawa

"Setelah ini masih ada pekerjaan berat saya yang tadi 1.000 unit akan dirombak lagi untuk para games," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid di lokasi, Senin (26/2/2018).

Salah satu fasilitas pada kamar bagi atlet penyandang disabilitas di Wisma Atlet Kemayoran.Kompas.com / Dani Prabowo Salah satu fasilitas pada kamar bagi atlet penyandang disabilitas di Wisma Atlet Kemayoran.
Permintaan perombakan tersebut, sebut dia, berasal dari Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc). Dalam waktu dekat perombakan bakal dilakukan, sehingga diharapkan sudah dapat diresmikan Presiden Joko Widodo pertengahan tahun ini.

"Anggarannya sekitar Rp 185 miliar. Nanti ada enam lift khusus difabel yang nanti diletakkan depan lorong pintu tadi," ujar Khalawi.

Menurut Khalawi, Inasgoc sebelumnya telah mencoba mencari hotel di Jakarta yang bisa menyediakan 1.000 unit kamar bagi penyandang difabel. Namun rupanya hal itu cukup sulit.

"Jadi terpaksa pakai inpres, kita ubah sedikit. Jadi nanti kamar mandi diperbesar pintunya, kita perbesar untuk bisa keluar masuk kursi roda," kata dia.

Ia menambahkan, 1.000 unit kamar itu akan berada di Tower 3 hingga Tower 7 Blok D10. Sementara untuk Blok C2 tidak akan dilakukan perubahan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.