Pasca Moratorium, Pekerjaan Jembatan Holtekamp Diawasi secara Ketat

Kompas.com - 23/02/2018, 07:02 WIB
Jembatan Holtekamp Kementerian PUPRJembatan Holtekamp

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu dari dua bentang tengah Jembatan Holtekamp akhirnya diangkat. Sebelumnya, pekerjaan proyek ini turut dihentikan sementara menyusul kembali terjadinya insiden kecelakaan kerja pada proyek infrastruktur.

Pengangkatan bentang tengah tersebut dilangsungkan Rabu (21/2/2018) kemarin. Seakan tak ingin mengulangi kesalahan yang terjadi pada proyek infrastruktur lain, struktur yang memiliki berat 2.000 ton itu diangkat dengan pengawasan ketat.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Danis H Sumadilaga, Direktur Pembangunan Jalan Achmad Gani Ghazali Akman, Kepala Pusat Litbang Jalan dan Jembatan Deded Permadi Sjamsudin, hingga Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasiona (BBPJN) XVIII Osman H Marbun turut hadir menyaksikan langsung proses pengangkatan tersebut.

Jembatan HoltekampKementerian PUPR Jembatan Holtekamp

Untuk dapat melanjutkan pekerjaan infrastruktur layang tersebut, penanggung jawab pekerjaan dan pelaksana pekerjaan menyampaikan kembali desain dan metode kerjanya.

"Kami lakukan pengecekan ulang seluruhnya secara detil dan Alhamdulillah mendapat persetujuan. Proses pengangkatan yang semula direncanakan jam 08.00 WIT mundur menjadi hampir jam 14.00 WIT,” kata Arie dalam keterangan tertulis, Kamis (22/2/2018).

Hasil evaluasi yang sebelumnya dilakukan Komite Keselamatan Konstruksi dan Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ) menyatakan, bahwa pekerjaan dapat kembali dilakukan.

Evaluasi meliputi desain, metode kerja, sumber daya manusia hingga peralatan yang digunakan.

Adapun pengangkatan bentang tengah pertama membutuhkan waktu satu minggu dan dilanjutkan dengan pengangkatan bentang tengah jembatan yang kedua.

Arie meminta agar pada pengangkatan yang kedua, dapat dihadiri oleh para insinyur muda Kementerian PUPR lainnya sebagai sarana belajar bersama.

Jembatan HoltekampKementerian PUPR Jembatan Holtekamp

Setelah kedua bentang tengah tersebut terangkat, akan dilakukan penyambungan dan pengelasan yang membutuhkan waktu 4 hari, pemasangan bondek untuk plat lantai, pemasangan bearing, pembesian dan pengecoran lantai jembatan yang ditargetkan selesai Juni 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X