Serang dan Karawang Menuju Metropolitan

Kompas.com - 21/02/2018, 16:00 WIB
Kawasan industri Karawang. Kawasan industri Karawang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan kota  metropolitan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berkembang lebih luas.

Saat ini, Serang dan dan Karawang sudah mulai menjadi kota metropolitan.

"Ke barat misalnnya, kota metropolitan itu sudah beyond Tangerang. Sudah mendekati Serang malah," ujar Bambang saat sambutan diskusi "Menatap Masa Depan Jakarta" di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Serang mulai berkembang dengan pendorong utama masih dari kawasan industri.

ModernCikande misalnya, berencana untuk mengembangkan smart city seluas 100 hektar dari total lahan yang dimiliki seluas 3.175 hektar.

Selain itu, HK Realtindo juga mulai mengembangkan H City GRand Serang yang berlokasi di Jl Raya Banten Lama, Serang, Banten.

Proyek ini menempati area seluas 68 hektar dengan konsep kawasan terpadu mandiri. Nantinya, akan dikembangkan sebanyak 1.000 unit rumah, area komersial dan ritel, pusat pendidikan, taman kuliner, pasar modern, pusat olahraga, taman air, dan ruang terbuka hijau.

Sedangkan ke arah timur, Bambang menambahkan, Karawang juga bisa disebut sebagai kota metropolitan.

Dari segi pengembangan hunian, di koridor timur Jakarta, yaitu Karawang, dan Purwakarta, pada 2016 ada sebanyak 200.000 apartemen baru mengingat banyak pekerja di kawasan industri di daerah-daerah tersebut.

Pada akhir tahun lalu, Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari bahkan sempat menyebut, pembangunan perumahan di Karawang, tidak terkontrol.

Selain Karang, tidak menutup kemungkinan, kota metropolitan bisa semakin melebar ke Bogor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X