Indeks Harga Properti Komersial Naik Tipis

Kompas.com - 16/02/2018, 20:00 WIB
Gama Tower, Kuningan, Jakarta, Senin (12/02/2018). MAULANA MAHARDHIKAGama Tower, Kuningan, Jakarta, Senin (12/02/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Properti Komersial (IHPK) pada Triwulan IV-2017 tercatat sebesar 172,4 atau naik 0,09 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Pertumbuhan tipis itu lebih baik dibandingkan triwulan III yang turun 0,04 persen.

Hal tersebut terungkap dalam survei Perkembangan Properti Komersial yang dilakukan Bank Indonesia (BI).

Baca juga : Pasokan Properti Komersial Terus Tumbuh

Kenaikan harga properti komersial terutama terjadi pada segmen convention hall (1,88 persen) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

Selain itu, kenaikan juga disumbangkan oleh sektor lahan industri dan pergudangan yang masing-masing mengalami pertumbuhan 0,16 persen.

"Kenaikan harga yang terjadi pada segmen convention hall sejalan dengan kenaikan tarif pada fasilitas hotel yang baru masuk ke pasar," demikian tulis BI dalam laporannya.

Baca juga : Para Taipan Pemilik Lima Gedung Tertinggi di Indonesia

Sementara, kenaikan harga pada segmen lahan industri dan pegudangan terutama terjadi pada kawasan industri maupun pergudangan yang performanya baik.

Ilustrasi hotelEugeneonline Ilustrasi hotel
Kondisi sebaliknya justru terjadi pada segmen perhotelan yang mengalami penurunan 5,29 persen, setelah pada triwulan sebelumnya sempat naik 6,52 persen.

"Penurunan harga segmen hotel karena masih terbatasnya kegiatan pertemuan instansi pemerintah maupun sektor swasta pada periode akhir tahun," kata BI.

Secara tahunan, harga properti komersial masih mengalami konstraksi sebesar 0,09 dibandingkan tahun lalu.

Meski demikian, kondisi tersebut masih lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang mengalami penurunan 0,21 persen.

Penurunan harga terdalam dialami sektor perhotelan (16,19 persen). Hal ini karena faktor persaingan usahan dan adanya pasokan hotel baru di sejumlah wilayah, khususnya bintang 3 dan 4. Di sisi lain, permintaan sektor ini relatif terbatas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X