Kompas.com - 15/02/2018, 18:42 WIB
Editor Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Modern Land mempercepat pembangunan perumahan skala kota Asya. Proyek seluas 70 hektar di kawasan Jakarta Timur diluncurkan akhir 2017 lalu terdiri dari perumahan, apartemen, vila, area komersial, serta ruang terbuka publik dengan total gross floor lebih dari 1 juta meter persegi.

Wibowo Muljono, Presiden Direktur PT Astra Modern Land, dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (15/2/2018), mengatakan nilai investasi pembangunan proyek ini sebesar Rp 20 triliun dalam 15 tahun ke depan. Wibowo mengaku optimistis bisa meraih penjualan bagus tahun ini.

"Ini tahun yang sangat optimistis bagi kami, terutama karena komitmen pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur, selain juga karena kondisi pasar, makanya kami berencana meluncurkan tiga klaster perumahan baru. Tidak tertutup kemungkinan juga untuk merilis lebih banyak klaster dari rencana awal ini," ujar Wibowo. 

Membidik kelas menengah ke atas, lajut dia, saat ini Astra memasarkan rumah dengan kisaran mulai Rp2,3 - Rp4,4 miliar dengan ukuran mulai 98 m2/115 m2 (LT/LB). Yang menarik, lanjut dia, kebanyakan peminat rumah di klaster Semayang misalnya, adalah tipe-tipe rumah besar.

"Ini berbeda dari proyek properti lainnya yang justru lebih mengandalkan pasar rumah bertipe kecil dengan profil pembelinya adalah investor," kata Wibowo.

Cluster Semayang merupakan klaster pertama di perumahan skala kota Asya yang dibangun Astra Modern Land. Untuk fasilitas komersialnya terdapat pusat perbelanjaan AEON Mall seluas 85.000 m2 yang telah dibuka sejak 30 September 2017 lalu. Bahkan, dalam waktu dekat akan segera dibangun pusat retail IKEA yang lokasinya persis di seberang AEON.

Astra Modern Land sendiri merupakan perusahaan yang dikelola bersama antara PT Astra Land Indonesia  (perusahaan patungan antara Astra International dan Hongkong Land Ltd) dan PT Mitra Sindo Makmur (anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.