Kompas.com - 14/02/2018, 08:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN membuka kemungkinan untuk menurunkan suku bunga kredit konstruksi.

Menurut Direktur Utama BTN Maryono, suku bunga kredit konstruksi saat ini masih stagnan.

"Sekarang suku bunga kredit konstruksi di kisaran 11 persen, baik untuk rumah subsidi maupun non subsidi," ujar Maryono kepada Kompas.com, di Menara BTN, Selasa (13/2/2018).

Dihubungi secara terpisah, Direktur BTN Oni Febriarto mengatakan, ada wacana dari BTN untuk membedakan antara kredit konstruksi subsidi dan komersial.

Dalam hal ini, BTN akan menurunkan suku bunga kredit konstruksi terutama untuk rumah subsidi. Adapun besaran bunga yang diturunkan, Oni belum dapat mengungkapkannya.

"Ditunggu saja tahun ini," sebut Oni.

Sementara itu, dari segi penyaluran kredit konstruksi, selama 2017 realisasi di BTN juga mengalami kenaikan 18,98 persen secara tahunan.

Pada 2016, penyaluran kredit konstruksi tercatat Rp 21,92 triliun, sedangkan akhir 2017 sebesar Rp 26,08 triliun.

Oni menyebutkan, tahun ini BTN menargetkan penyaluran kredit konstruksi tumbuh 30 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.