Studi: Rumah Bersih Tingkatkan Kebahagiaan dan Empati Seseorang

Kompas.com - 13/02/2018, 23:00 WIB
Interior rumah Interior rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan ruangan bukan hanya dapat membantu Anda mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan lebih cepat. Manfaatnya ternyata jauh lebih dari itu.

Sebuah survei baru menemukan, seberapa bersih rumah Anda dapat memengaruhi keadaan emosional dan mental. Selain itu, keadaan rumah yang bersih juga dapat membuat Anda lebih produktif dan mengurangi stres.

Laporan tersebut dirilis oleh Ketchum Global Research & Analytics berdasarkan permintaan dari Clorox dengan menyurvei 2.008 orang dewasa di seluruh Amerika Serikat.

Survei ini dimulai dari beberapa penelitian pihak ketiga yang hasilnya sangat mengerikan. Menurut sebuah jajak pendapat Gallup, 79 persen orang Amerika sering menderita stres.

Sedangkan 72 persen lainnya merasa kesepian. Sementara tingkat kebahagiaan tampaknya secara umum akan menurun.

Jajak pendapat Harris juga menemukan, AS turun ke nomor 19 dari nomor 3 pada peringkat World Happiness Index dalam rentang waktu hanya sembilan tahun.

Sementara temuan ini cukup menyedihkan, ada solusi mudahnya, yaitu pembersihan.

Terbukti, banyak kesengsaraan yang bisa diatasi dengan menyederhanakan ruang tamu rumah pribadi.

Laporan terbaru menemukan bahwa hanya berada di hadapan ruang bersih dapat memberi efek positif pada keadaan emosional dan mental Anda.

Dari ribuan orang yang disurvei, 72 persen melaporkan tidur lebih nyenyak di rumah yang bersih, 80 persen merasa lebih rileks, dan 60 persen merasa stres mereka telah berkurang.

Halaman:


Sumber Domino
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X