Kompas.com - 13/02/2018, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah menyelesaikan penerbitan 17 sertifikat wakaf di Sumatera Barat (Sumbar).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, setiap masjid, surau dan musala yang terdapat di provinsi ini harus memiliki sertifikat.

Baca juga : Sofyan Targetkan Penerbitan 8 Juta Sertifikat Tanah Rampung 4 Bulan

Ia menargetkan proses penerbitan sertifikat tanah wakaf ini selesai dalam 2 tahun ke depan.

"Apabila kita sudah memegang sertifikat maka akan menghindarkan tanah kita dari sengketa. Sertifikat tanah merupakan bukti pengakuan hukum atas tanah," ujar Presiden melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/2/2018).

Senada dengan Presiden, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A Djalil menuturkan, pemberian tanah wakaf merupakan komitmen utama setiap Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi se-Indonesia.

Apabila di tanah wakaf tersebut terdapat sengketa tanah, ia akan memprioritaskan penyelesaiannya.

Sofyan juga mengatakan, pada tahun lalu jumlah sertifikat tanah wakaf yang diterbitkan sebanyak 221 sertifikat dengan total luas 423.110 meter persegi di Sumbar.

"Target kami untuk tahun ini tidak jauh beda dari tahun lalu," ungkap Sofyan.

Adapun tanah wakaf merupakan tanah yang diberikan oleh waqif kepada nazir. Tanah wakaf digunakan untuk mendirikan rumah ibadah maupun tempat yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.