Kompas.com - 13/02/2018, 16:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN masih menguasai pasar kredit pemilikan rumah (KPR) di Indonesia dengan pangsa sebesar 36,3 persen.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, tahun ini BTN akan meningkatkan target penyaluran pembiayaan perumahan menjadi 750.000 unit.

Baca juga : Rumah Tanpa DP Seharga Rp 77 Jutaan, Mau?

"Target tersebut terdiri atas penyaluran kredit perumahan subsidi untuk 536.868 unit rumah dan kredit perumahan non-subsidi untuk 213.132 unit rumah," ujar Maryono saat paparan kinerja per 31 Desember 2017, di Menara BTN, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Sepanjang 2017, lanjut Maryono, BTN telah menyalurkan KPR untuk 667.312 unit atau ekuivalen Rp 71,5 triliun.

Jumlah rumah yang mendapatkan KPR pada 2017 melampaui target yang sebelumnya ditentukan sebanyak 666.000 unit.

Dukungan BTN agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat mengakses KPR antara lain dilakukan melalui penyediaan layanan laku pandai dan layanan keuangan digital.

Di sisi pasokan rumah, BTN juga menyalurkan pembiayaan pembebasan lahan, pembiayaan pembangunan perumahan, hingga bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung untuk mencetak pengembang handal.

"Kami juga terus melakukan sinergi dengan stakeholders perumahan untuk mempercepat penyediaan perumahan bagi MBR," imbuh Maryono.

Selain itu, BTN juga rutin mengadakan pameran perumahan setidaknya 2 kali dalam setahun.

Pameran terdekat yang baru saja digelar adalah Indonesia Property Expo (IPEX) selama 9 hari yaitu 3-11 Februari 2018.

Dari pameran tersebut BTN berhasil mengumpulkan nilai transaksi sebesar Rp 9,3 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.