Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu dan Asian Games Bakal Dongkrak Permintaan Hotel Tahun Ini

Kompas.com - 13/02/2018, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsultan real estat Colliers International memprediksi, dua agenda utama tahun ini akan mengangkat permintaan hotel di Jakarta.

Agenda tersebut adalah Asian Games 2018 dan kegiatan partai-partai politik yang menggunakan kamar hotel dan fasilitas meetings, incentives, conferences and  exhibitions (MICE).

Kegiatan politik ini meliputi persiapan pemilihan umum (pemilu) dan presiden pada 2019.

Baca juga : Tekanan Berlanjut, Hotel Bintang 3 di Bali Makin Menyusut

"Asian Games 2018, proses politik, persiapan pemilihan parlementer dan presiden 2019 diharapkan dapat meningkatkan hunian hotel di Jakarta dan mempertahankan hunian antara 61 persen-63 persen," tulis Colliers yang dikutip Kompas.com, Senin (12/2/2018).

Hal tersebut merupakan kabar baik bagi para pengelola hotel, mengingat kinerja hotel di Jakarta secara keseluruhan belum pulih tahun kemarin bahkan dengan persediaan kamar yang terbatas.

Hotel bintang 4

Ke depan, setidaknya ada 3.471 kamar hotel baru yang akan beroperasi di Jakarta. Jumlah ini terdiri dari 964 kamar hotel bintang 3, 1.647 kamar hotel bintang 4 dan 860 kamar hotel bintang 5.

Pasokan baru yang akan datang ini, antara lain Hotel Pasar Senen, Dalton Jakarta Hotel, Hotel by Graha Gatsu Lestari, dan Whiz Prime Hayam Wuruk untuk segmen hotel bintang 3.

Sementara untuk hotel bintang 4 yang bakal beroperasi salah satunya Aloft Simatupang, Novotel Cikini, dan Aston Titanium Cijantung.

Sedangkan untuk bintang 5, antara lain Waldorf Astoria, Rosewood Jakarta, dan The Langham.

Adapun selama 2017, jumlah kamar hotel yang baru beroperasi berkurang secara signifikan dibandingkan pasokan kamar tahunan pada 2016.

Namun jumlah ini akan kembali pulih pada 2018. Dari segi kelas, inventaris hotel di Jakarta masih didominasi hotel bintang 4.

Segmen ini cenderung bertahan karena menawarkan fasilitas yang hampir lengkap seperti hotel bintang 5 dengan harga yang sedikit di atas hotel bintang 3 di Jakarta.

Pada umumnya, hunian hotel bintang 4 ini paling sering diincar untuk aktivitas bisnis dan MICE.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com