Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Rumah Subsidi, Cek Dulu Kualitasnya...

Kompas.com - 11/02/2018, 10:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), program rumah subsidi yang digagas pemerintah bisa menjadi pilihan untuk memiliki hunian.

Selain harga yang ditawarkan terjangkau, yaitu di kisaran Rp 148 jutaan, uang muka atau down payment (DP) yang harus diserahkan juga rendah.

Namun, sebelum memutuskan membeli hunian bersubsidi, ada baiknya Anda mencari tahu spesifikasi rumah yang ditawarkan pengembang.

Kompas.com merangkum sejumlah spesifikasi hunian yang ditawarkan pengembang rumah subsidi pada ajang Indonesia Property Expo 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).

1. Almira Residence

Perumahan yang berada di Klapanunggal, Cileungsi, Bogor ini dijual seharga Rp 148 juta.

Calon pembeli wajib menyetorkan tanda jadi sebesar Rp 500.000 selama pameran berlangsung. Untuk uang muka yang harus dibayarkan hanya sebesar Rp 4 juta.

Adapun spesifikasi hunian bertipe 30/60 ini menggunakan batu kali sebagai pondasinya. Sementara untuk dinding menggunakan batako dan baja ringan untuk rangka atap.

Lantainya telah menggunakan keramik, sementara kusen menggunakan kayu keras.

"Kamar mandi menggunakan bak fiber dan kloset jongkok. Untuk air menggunakan sumur pantek," kata marketing Almira Residence, Yollanda, di lokasi, Sabtu (10/2/2018).

2. Perumahan Surya Cibitung

Hunian dengan tipe 30/60 ini dibanderol dengan harga Rp 148 juta. Untuk spesifikasi, juga menggunakan batu kali untuk pondasinya.

Sementara dinding menggunakan batako plester dan rangka beton bertulang.

Kusen menggunakan kayu lokal yang dicat. Demikian halnya untuk pintu dan plafon. Sementara, lantai menggunakan keramik berukuran 30x30 dan listrik berkapasitas 1.300 VA.

3. Era Parung Panjang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com