Presiden Serahkan 4.000 Sertifikat Tanah di Sumatera Barat

Kompas.com - 09/02/2018, 19:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan lembaran sertifikat tanah kepada keluarga/ahli waris tokoh pers dan sastra Indonesia Djamaluddin Adinegoro, Kamis (8/2/2018). KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADOPresiden Joko Widodo saat menyerahkan lembaran sertifikat tanah kepada keluarga/ahli waris tokoh pers dan sastra Indonesia Djamaluddin Adinegoro, Kamis (8/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 4.000 sertifikat tanah kepada masyarakat di Sport Centre, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (7/2/2018).

Pada kesempatan tersebut, Presiden menyerahkan sertifikat tanah kepada 12 orang perwakilan masyarakat.

Dalam pidatonya, Presiden mengatakan agar penyertifikatan tanah di wilayah Provinsi Sumatera Barat harus selesai tahun 2023.

"Saat ini baru 46 juta bidang tanah yang memiliki sertifikat di wilayah Indonesia. Setiap masyarakat wajib memegang yang namanya sertifikat," kata Presiden melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Ia mengutarakan lebih lanjut agar setiap masyarakat menjaga sertifikat yang telah didapat. Presiden berpesan kepada masyarakat yang memegang sertifikat dapat merawat sertifikatnya.

"Sertifikat sebaiknya diberi plastik karena apabila atap rumah bocor, sertifikat tidak rusak. Selain itu, sertifikat yang diterima difotokopi karena jika yang asli hilang dapat dengan mudah diterbitkan yang baru," imbau Presiden.

Dari 4.000 sertifikat yang dibagikan, 3.000 di antaranya untuk Kabupaten Dharmasraya, 120 sertifikat Kabupaten Sijunjung, dan 120 untuk Kabupaten Solok.

Selain itu, sebanyak 150 sertifikat diterbitkan untuk Kabupaten Tanah Datar, 240 sertifikat Kota Padang, 80 sertifikat Kabupaten Pariaman, dan 40 sertifikat untuk Kabupaten Agam.

Selanjutnya, sebanyak 40 sertifikat untuk Kabupaten Pasaman, 80 sertifikat untuk Kabupaten Lima Puluh Kota, serta 130 sertifikat untuk Kabupaten Solok Selatan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A Djalil mengatakan, Provinsi Sumatera Barat mendapat target 80.000 dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2018 ini.

"Untuk tahun ini, target PTSL di Provinsi Sumatera Barat 80.000 bidang," ujar Sofyan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X