Kompas.com - 07/02/2018, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar apartemen mulai pulih. Hal ini ditandai dengan catatan penjualan yang tumbuh signifikan pada kuartal IV tahun 2017.

Menurut data Jones Lang LaSalle, sebanyak 1.300 unit apartemen terjual selama periode Oktober-Desember 2017.

"Kuartal IV merupakan kuartal yang terkuat selama 2017. Meski demikian, secara keseluruhan, 2017 masih di bawah 2016," ujar Head of Research James Taylor saat pemaparan di Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Pertumbuhan penjualan ini, kata Taylor, paling banyak berlaku pada sejumlah unit yang lebih kecil dan harga lebih murah.

Selain itu, penarik utama pembeli apartemen adalah pengembang yang memiliki nama dan aksesibilitas proyek terhadap infrastruktur.

Penjualan paling kuat ada pada proyek yang lokasinya strategis seperti 57 Prominade di pusat Jakarta.

Proyek apartemen milik PT Intiland Development Tbk tersebut diluncurkan pada kuartal III-2017.

"Meski harganya sangat mahal, tapi penjualannya sangat bagus," sebut Taylor.

Ia menambahkan, pada akhir 2017, proyek dengan lokasi yang baik penjualannya juga cukup bagus. Namun, ada pula beberapa proyek yang harus menghadapi tantangan.

Secara umum, terdapat 5 proyek apartemen yang diluncurkan pada kuartal IV-2017 dengan total 1.400 unit.

Kelima proyek ini yaitu The Stature, The Pakubuwono Menteng, Simprug Signature-Thames, Kasamara, dan Sakura Garden City. Sedangkan dari segi penjualan rata-rata tercatat 63 persen.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.